Indonesia Berdaya
Vol 4, No 3 (2023)

Bagaimana Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Pengembangan Kecerdasan Emosional Guru

Poniman Poniman (Pendidikan keagamaan buddha STIAB Jinarakkhita lampung)
Juni Suryanadi (Pendidikan keagamaan buddha STIAB Jinarakkhita lampung)
Ayu Andriningsih (Pendidikan keagamaan buddha STIAB Jinarakkhita lampung)



Article Info

Publish Date
14 May 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran kepemimpinan kepala sekolah dalam pengembangan kecerdasan emosional guru di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri di Kota Bandar Lampung. Melibatkan 237 guru sebagai sampel, penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan instrumen kuesioner tertutup. Hasil menunjukkan adanya pengaruh signifikan kepemimpinan kepala sekolah terhadap kecerdasan emosional guru, dengan kontribusi sebesar 31,5% variasi. Temuan ini mendukung literatur yang menunjukkan pentingnya kecerdasan emosional dalam pendidikan dan peran kepala sekolah dalam memfasilitasi pengembangannya. Penelitian ini menyarankan pentingnya pendidikan dan pelatihan kepemimpinan yang dirancang untuk membantu kepala sekolah mendukung pengembangan kecerdasan emosional guru. Mengingat tantangan pendidikan saat ini, perlu dilakukan penelitian lebih lanjut dalam area ini sangat diperlukan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ib

Publisher

Subject

Arts Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Health Professions Medicine & Pharmacology Nursing Public Health Social Sciences Veterinary Other

Description

The aim of this journal publication is to disseminate the conceptual thoughts or ideas and research results that have been achieved in the area of community services. Indonesia Berdaya particularly focuses on the main problems in the development of the sciences of community services areas as ...