Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan
Vol. 8 No. 1 (2023): Februari

Efektivitas Perangkat Pembelajaran Model Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Hukum Newton

Wahyudi Wahyudi (Universitas Mataram)
Cindy Bintang Cempaka Putri (Universitas Mataram)
Susilawati Susilawati (Universitas Mataram)



Article Info

Publish Date
02 Feb 2023

Abstract

Tujuan penelitian pengembangan ini adalah menghasilkan perangkat pembelajaran yang efektif pada materi hukum Newton dengan menggunakan model kooperatif tipe jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang terdiri dari Define, Design, Develop dan Disseminate (4D). Produk yang akan dikembangkan berupa silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Siswa (LKS) dan instrumen untuk mengukur prestasi belajar. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dan kualitatif. Teknik pengumpulan data berupa tes hasil belajar sebelum dan sesudah perlakuan. Hasil analisis data menunjukkan bahwa keuntungan rata-rata pada kelas menengah adalah 0,62. Dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan cukup efektif untuk meningkatkan hasil belajar materi hukum Newton.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jipp

Publisher

Subject

Education

Description

JIPP (Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan) (ISSN Print 2502-7069 and ISSN Online 2620-8326) is a peer-reviewed journal published biannually by Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) University of Mataram, Mataram, Lombok, Indonesia. The journal publishes research and conceptual articles in the ...