Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan
Vol. 8 No. 1 (2023): Februari

Efektivitas Model Blended Learning dan Kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa

Fitria Fitria (Universitas Mataram)
Sukardi Sukardi (Universitas Mataram)
Nurlaili Handayani (Universitas Mataram)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2023

Abstract

Rendahnya kemampuan berfikir kritis masih permasalahan pembelajaran, sehingga diperlukan model intervensi yang tepat. Salah satunya adalah Blended Learning, sehingga tujuan kajian ini adalah untuk mengetahui secara langsung keefektifan model blended learning terhadap berpikir kritis maupun melalui interaksi dengan kemandirian belajar. Penelitian ini merupakan pendekatan kuantitatif untuk jenis penelitian eksperimen dengan bentuk quasi eksperimen. Rancangan penelitian yang digunakan yaitu nonequivalent control group design dan populasi dalam penelitian yaitu menggunakan dua kelas secara simple random sampling. Instrumen pengumpulan data melalui angket kemandirian belajar dan tes kemampuan berpikir kritis yang telah memenuhi uji validitas dan reabilitas. Pengujian hipotesis dan seluruh data hasil penelitian dianalisis secara uji komparatif. Hasil kajian menyatakan terdapat pengaruh model blended learning terhadap kemampuan berpikir kritis, terdapat pengaruh model blended learning terhadap kemandirian belajar, terdapat pengaruh interaksi model dan kemandirian belajar terhadap kemampuan berpikir kritis. Implikasi teoritis bahwa temuan ini mengkonfirmasi penguatan teori yang menjadi basis model pembelajaran blended learning dan memperluas hasil kajian.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jipp

Publisher

Subject

Education

Description

JIPP (Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan) (ISSN Print 2502-7069 and ISSN Online 2620-8326) is a peer-reviewed journal published biannually by Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) University of Mataram, Mataram, Lombok, Indonesia. The journal publishes research and conceptual articles in the ...