Pendampingan pengembangan karakter berbasis nilai nilai gerakan pramuka yang di dalamnya membahas tentang kurangnya karakter yang dititik beratkan kepada guru dalam membimbing anak didiknya yang dilandaskan dengan manajemen pengembangan peserta didik yang baik sehingga akan tercapai siswa yang memiliki jiwa karakter yang lebih baik di MAN Sampang. Hasil: pertama, perencanaan (Plaining) proses pengembangan karakter berbasis nilai-nilai gerakan pramuka menunjukkan bahwa dalam proses pelaksanaan kepala sekolah yaitu bersama pembina dan guru ingin menerapkan siswa/siswi itu harus jujur, religius, toleransi, tanggung jawab, dan yang paling penting yaitu disiplin tidak hanya diterapkan kepada anggota pramuka saja tetapi kepada seluruh siswa/i MAN Sampang, dan tidak hanya diterapkan di dalam proses pembelajaran tetapi juga di luar proses pembelajaran non formal. Kedua, pelasanaan (Actuating) program pengembangan karakter berbasis nilai-nilai gerakan pramuka di MAN Sampang tidak sepenuhnya menjalankan masih ada kendala yakni masih ada anggota pramuka atau siswa/i yang gagal paham. Ketiga, mengevaluasi program pengembangan karakter berbasis nilai-nilai gerakan pramuka di MAN Sampang berjalan dengan lancar dikarenakan melihat perubahan yang menonjol dari siswa sebelum metode baru di terapkan
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023