Salah satu tingkat pencapaian perkembangan anak usia 5-6 tahun yaitu mengerjakan ibadah dalam pembelajaran tata cara berwudhu. Tetapi dalam pembelajaran masih kurangnya keterampilan anak dalam berwudhu, hal tersebut disebabkan karna variasi media yang masih terbatas. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media popupbook menggunakan adobe after effect pada materi tata cara berwudhu untuk anak kelompok B yang valid dan praktis. Model pengembangan yang digunakan yaitu model pengembangan ADDIE yang terdiri dari tahap analisis, desain, pengembangan, implementasidan evaluasi. Evaluasi yang digunakan yaitu evaluasi para ahli, one-to-one, dan small group. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validasi materi 86% kategori sangat valid, validasi media 100% kategori sangat valid dan bahasa 88% kategori sangat valid. Dari ketiga validasi diperoleh hasil rata-rata 91% dengan kategori sangat valid. Sedangkan skor kepraktisan diperoleh rata-rata presentase sebesar 89% kategori sangat praktis. Sehingga disimpulkan bahwa media popupbook menggunakan adobe after effect materi tata cara berwudhu telah teruji valid dan praktis serta layak digunakan sebagai media pada pembelajaran di TK pada anak kelompok B.
Copyrights © 2023