LINEAR: Journal of Mathematics Education
Vol 4 No 1 (2023): Volume 4 Nomor 1 Juni 2023

EVALUASI PERAN PRAKTISI DALAM KELAS KOLABORASI PADA MATA KULIAH MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Rudy Setiawan (Universitas Tribhuwana Tunggadewi)
Elita Wijaya (Universitas Tribhuwana Tunggadewi)
Joni Irawan (PT. Pelindo Terminal Petikemas Teluk Lamong)



Article Info

Publish Date
22 May 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi peran praktisi dalam kelas kolaborasi pada mata kuliah Media Pembelajaran Matematika di Pendidikan Tinggi khususnya Universitas Tribhuwana Tunggadewi. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data berasal dari praktisi yang terlibat dalam kelas kolaborasi media pembelajaran matematika semester ganjil 2022/2023. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa praktisi berperan penting dalam kelancaran kelas kolaborasi dengan memberikan sumbangan ide, memfasilitasi proses pembelajaran, mengarahkan diskusi, dan memberikan penjelasan. Kendala yang dihadapi dalam implementasi kelas kolaborasi adalah kurangnya waktu, keterbatasan fasilitas, dan perbedaan pemahaman antara praktisi. Simpulan dari penelitian ini adalah praktisi memiliki peran yang penting dalam kelas kolaborasi dan perlu memperhatikan kendala yang dihadapi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

linear

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

The aim of this journal is to publish high quality research in mathematics education including teaching and learning, instruction, curriculum development, learning environments, teacher education, educational technology, educational developments, from many kinds of research such as survey, research ...