Jumat Pendidikan: Jurnal Pengabdian Masyarakat
Vol. 4 No. 1 (2023): April

Meningkatkan Kekreatifan dan Membangkitkan Minat Belajar Peserta Didik dengan Lomba Cerdas Cermat di Desa Sidomulyo

Amrini Shofiyani (Universitas K.H. A. Wahab Hasbullah)
Aufia Aisa (Universitas KH. A. Wahab Hasbullah)
Khoirun Nisa' (Institut Pesantren Sunan Drajat Lamongan)
Muhammad Ahlis Irbabul Lubab (Universitas K.H. A. Wahab Hasbullah)
Khusnul Khotimah (Universitas K.H. A. Wahab Hasbullah)
Yuli Nutiatin Hajiroh (Universitas K.H. A. Wahab Hasbullah)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2023

Abstract

Setiap peserta didik dalam melakukan proses pembelajaran memiliki kecerdasan yang berbeda–beda, kecerdasan merupakan sebuah kemampuan atau keterampilan untuk memecahkan masalah yang dihadapi dan menghasilkan sebuah solusi yang dibutuhkan agar dapat membawa kemajuan hidup seseorang dilingkungannya. Salah satu hal yang pasti bahwa kecerdasan itu dapat dikembangkan dengan berbagai cara. Salah satunya dengan kegiatan cerdas cermat yang bertujuan bukan saja untuk mengembangkan wawasan dan pengetahuan tetapi juga untuk meningkatkan kecerdasan intelektual, sosial, atau pun spiritual. MI KH Sundusin dan SDN Sidomulyo 01 yang menjadi mitra dari kegiatan ini adalah lembaga pendidikan formal yang terletak di desa Sidomulyo. Salah satu desa yang masih berada di kecamatan Megaluh, desa sidomulyo merupakan desa yang masih teguh melestarikan budaya dan tradisi, termasuk spiritual keagamaannya yang masih kental. Tujuan diadakannya kegiatan ini agar anak-anak pelajar sekolah dasar dan Madrasah Ibtidaiyah dapat meningkatkan kekreatifan dalam belajar dan memiliki minat belajar yang tinggi serta memiliki kecerdasan yang memadai sesuai dengan tuntutan dunia pendidikan saat ini. Metode pendekatan untuk pelaksanaan kegiatan pengabdian pada masyarakat di bidang Pendidikan ini meliputi metode sosialisasi, diskusi, dan pengarahan pada peserta didik. Hasil respon peserta didik dari kegiatan lomba cerdas cermat ini menunjukkan bahwa kegiatan ini sangat efektif dan menyenangkan. Hasil penilaian kepahaman dan keefektifan kekreatifan menunjukkan bahwa 70% peserta didik dapat lebih bersemangat dalam mempelajari kisi-kisi soal agama dengan mudah. Sebanyak 30% peserta didik dalam kategori pemahaman yang cukup baik dimana dipengaruhi oleh tingkat kemampuan setiap peserta didik berbeda.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

abdimaspen

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

JUMAT PENDIDIKAN: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT adalah Jurnal ilmiah yang mewadahi hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat bidang pendidikan yang diterbitkan oleh Lembaga penelitian dan pengabdian masyarakat (LPPM) Universitas KH. A. Wahab Hasbullah (UNWAHA). Jurnal ini akan mempublikasikan ...