Indonesian Journal of Early Childhood : Jurnal Dunia Anak Usia Dini
Vol. 3 No. 2 (2021)

DAMPAK PEMBELAJARAN DARING DI TAMAN KANAK-KANAK TERHADAP SENSE OF BELONGING SISWA PADA TEMAN, SEKOLAH, DAN GURU

Resti Yulia (Pendidikan Anak Usia Dini)
Farida Mayar (Universitas Negeri Padang)
Safrizal Safrizal (Institut Agama islam Neberi Batusangkar)



Article Info

Publish Date
11 Aug 2021

Abstract

Pembelajaran daring menjadi isu yang paling banyak dibacarakan pada saat pandemi. Hal itu disebabkan karena sebagian besar stakeholder belum siap untuk melaksanakan pembelajaran secara daring, baik itu kendala teknis maupun kendala non teknis. sayangnya pembelajaran daring justru menyentuh semua kalangan, baik itu jenjang Perguruan Tinggi hingga jenjang Taman Kanak-kanak. Alhasil, pembelajaran daring pada jenjang TK tidak berjalan maksimal bahkan mengundang keluhan dari para orangtua di rumah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dampak pembelajaran daring di taman kanak-kanak terhadap sense of belonging siswa pada Teman, Sekolah, dan guru. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan peneliti sebagai instrument. Untuk memperoleh data yang lengkap, peneliti menggunakan tigas pores pengumpulan data, yakni wawancara mendalam, observasi partisipasi, serta dokumentasi. Guna memperoleh data penelitian yang kredibel, analisis data merujuk pada model miles and huberman dengan triangulasi sebagai teknik penjaminan keabsahan data. Hasil penelitian menemukan bahwa pembelajaran daring bagi siswa TK yang baru masuk atau yang sudah berekolah membuat mereka kehilangan rasa memiliki. Beberapa temuan dideskripsikan ketidak mauan anak dalam mengikuti pembelajaran daring karena mereka tidak mengenal gurunya, sekolahnya, dan temannya.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

IJEC

Publisher

Subject

Education

Description

Focus and Scope of Indonesian Journal Of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini is research, study and analysis related to early childhood include; development of moral and religious values, physical motor development, emotional social development, cognitive development, language development, ...