Indonesian Journal of Pedagogical and Social Studies
Vol 2, No 1 (2022): Indonesian Journal of Pedagogical and Social Studies

PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS KEARIFAN LOKAL (BUGIS) DI SDN 420 AWO KABUPATEN WAJO

Farida Febriati (Universitas Negeri Makassar)
Abdul Haling (Universitas Negeri Makassar)
Abdul Haling Nurul Fahira S (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2022

Abstract

Abstrak. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan, faktor pendukung dan faktor penghambat pendidikan karakter berbasis kearifan lokal (Bugis) di SDN 420 Awo Kabupaten Wajo? Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menggambarkan pelaksanaan, faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pelaksanaan pendidikan karakter berbasis kearifan lokal (Bugis) di SDN 420 Awo Kabupaten Wajo. Pendekatan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian adalah kepala sekolah SDN 420 Awo, guru kelas dan peserta didik kelas 4, 5 dan 6 di SDN 420 Awo Kabupaten Wajo. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan dokumentasi, analisis data menggunakan analisis reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pendidikan karakter berbasis kearifan lokal bugis di SDN 420 Awo kabupaten wajo sudah terintegrasi, hal ini terbukti dengan dilaksanakan dan diterapkannya 4 (empat) komponen nilai-nilai pendidikan karakter berbasis kearifan lokal bugis yaitu Ma Patoh ri Dewatae (Patuh kepada Tuhan Yang Maha Esa), Ma Lempu (Jujur), Soppo’renge (Tanggung Jawab), dan Ma Patoh  (Disiplin). Jika peserta didik melakukan perbuatan yang tidak sesuai dengan nilai pendidikan karakter berbasis kearifan lokal bugis maka Kepala sekolah dan guru akan menegur dengan cara menasehati dan memberikan sanksi sebagai efek jera kepada peserta didik yang melakukan pelanggaran. Adapun faktor pendukung pelaksanaan pendidikan karakter berbasis kearifan lokal bugis di SDN 420 Awo yaitu: 1). Sarana dan prasarana, 2). Kegiatan Ekstrakulikuler, 3). Motivasi dan peran guru. Adapun faktor penghambat yaitu: 1). Sarana dan Prasarana, 2). Lingkungan dan 3). Anak itu sendiri.Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Kearifan Lokal Bugis

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ijpss

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

This Journal publishes research studies employing a variety of qualitative and/or quantitative methods and approaches in the field of pedagogical and Social Sciences. The journal covered by all topics in: Humanities Social studies Management Education, Teaching Learning And others (within the scope ...