Al-Ahya: Jurnal Pendidikan Biologi
Vol 1 No 3 (2019): Al-AHYA

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MONOPOLI PADA MATERI SISTEM SARAF DI KELAS XI SMAN 1 WONOMULYO KABUPATEN POLEWALI MANDAR

Salmawati Salmawati (UIN Alauddin Makassar)
Muhammad Khalifah Mustami (UIN Alauddin Makassar)
Ainul Uyuni Taufiq Taufiq (UIN Alauddin Makassar)



Article Info

Publish Date
27 Feb 2020

Abstract

Penelitian  ini  merupakan  jenis  penelitian  pengembangan  atau  dikenal  dengan istilah Research and Development (R&D). Tujuan dari penelitian ini yaitu mengembangkan media pembelajaran permainan monopoli pada materi sistem saraf serta mengetahui tingkat kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Proses pengembangan   media   mengacu  pada   model  pengembangan  ADDIE,   yang meliputi lima tahap kegiatan yakni analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 Wonomulyo dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas XI MIPA 4. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar validasi media, angket respon guru dan siswa serta butir-butir tes. Berdasarkan hasil analisis data media pembelajaran permainan monopoli yang dikembangkan berada pada kategori sangat valid dengan nilai rata-rata 3,77. Hasil angket respon guru dan respon siswa berada pada kategori tinggi dengan rata-rata nilai  total  3,62.  Sedangkan  persentase  kelulusan  siswa  dikategorikan  efektif karena mencapai ketuntasan belajar 93,33%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran permainan monopoli yang dikembangkan menggunakan model ADDIE memenuhi kategori valid, praktis dan efektif.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

alahya

Publisher

Subject

Education Environmental Science Social Sciences Other

Description

Jurnal Al-Ahya is a journal that contains scientific articles of research results in the field of biological education. The focus and scopes of Jurnal Al-Ahya are as follows. 1. Design and learning models in biological education 2. Evaluation of biology education 3. Development and application of ...