Penelitian  ini  merupakan  jenis  penelitian  pengembangan  atau  dikenal  dengan istilah Research and Development (R&D). Tujuan dari penelitian ini yaitu mengembangkan media pembelajaran permainan monopoli pada materi sistem saraf serta mengetahui tingkat kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Proses pengembangan   media   mengacu  pada   model  pengembangan  ADDIE,   yang meliputi lima tahap kegiatan yakni analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 Wonomulyo dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas XI MIPA 4. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar validasi media, angket respon guru dan siswa serta butir-butir tes. Berdasarkan hasil analisis data media pembelajaran permainan monopoli yang dikembangkan berada pada kategori sangat valid dengan nilai rata-rata 3,77. Hasil angket respon guru dan respon siswa berada pada kategori tinggi dengan rata-rata nilai  total  3,62.  Sedangkan  persentase  kelulusan  siswa  dikategorikan  efektif karena mencapai ketuntasan belajar 93,33%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran permainan monopoli yang dikembangkan menggunakan model ADDIE memenuhi kategori valid, praktis dan efektif.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2019