Al-Ahya: Jurnal Pendidikan Biologi
Vol 1 No 3 (2019): Al-AHYA

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AWETAN KERING METAMORFOSIS KUPU-KUPU TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII MTs BONTORAMBA KABUPATEN JENEPONTO

Rahma Rahma (UIN Alauddin Makassar)
Jamilah Jamilah (UIN Alauddin Makassar)
Ahmad Ali (UIN Alauddin Makassar)



Article Info

Publish Date
27 Feb 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh penggunaan media awetan kering metamorfosis  kupu-kupu    terhadap  hasil  belajar siswa pada materi  metamorfosis kupu-kupu kelas VIII MTs Bontoramba Kabupaten Jeneponto. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Quasi-Experimental dengan desain penelitian yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Desain. Populasi pada penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Bontoramba yang berjumlah 80 orang yang tersebar dalam 3 kelas. Sampel penelitian dipilih dua kelas menggunakan teknik purposive sampling. Sehingga ditentukan kelas VIIIA sebagai kelas eksperimen sebanyak 27 orang dan kelas VIIIB sebagai kelas kontrol sebanyak 28 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan insrumen penelitian berupa tes pilihan ganda sebanyak 20 butir soal yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial dengan  uji paired 2 sample t-tes. Berdasarkan hasil analisis pada uji hipotesis nilai posttest kelas eksperimen (VIII A) dan kelas kontrol (VIII B) diperoleh nilai  sig. 0,000 < 0,05  Dengan demikian ????0 ditolak dan ????1  diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan menggunakan media awetan kering metamorfosis kupu-kupu terhadap hasil belajar IPA peserta didik kelas VIII MTs Bontoramba .

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

alahya

Publisher

Subject

Education Environmental Science Social Sciences Other

Description

Jurnal Al-Ahya is a journal that contains scientific articles of research results in the field of biological education. The focus and scopes of Jurnal Al-Ahya are as follows. 1. Design and learning models in biological education 2. Evaluation of biology education 3. Development and application of ...