Al-Ahya: Jurnal Pendidikan Biologi
Vol 2 No 2 (2020): AL-AHYA

PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DAN QUANTUM TEACHING TIPE TANDUR TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI

Fitrawati Fitrawati (Unknown)
Salahuddin Salahuddin (Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar)
Ainul Uyuni Taufiq (Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) mengetahui hasil belajar siswa mata pelajaran biologi materi keanekaragaman hayati yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Jigsaw di kelas X MA Madani Alauddin Pao-Pao, (2) mengetahui hasil belajar siswa mata pelajaran biologi materi keanekaragaman hayati yang diajar menggunakan model pembelajaran TANDUR di kelas X MA Madani Alauddin Pao-Pao, (3) menganalisis apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa mata pelajaran biologi materi keanekaragaman hayati yang diajar menggunakan model pembelajaran Jigsaw dan siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran TANDUR pada kelas X MA Madani Alauddin Pao-Pao. Metode penelitian yang digunakan yaitu quasi eksperimen dengan Pretest Posttest Group Design. Sampel penelitian ini kelas X MIA 1 sebanyak 20 orang dan X MIA 2 sebanyak 20 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar berupa soal pilihan ganda. Analisis data menggunakan metode statistik berupa analisis deskriptif dan analisis inferensial. Berdasarkan hasil analisis independent sample t-test diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,001, dengan nilai α = 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa nilai sig. (2-tailed) <α, sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Ini berarti terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang diajar menggunakan model kooperatif tipe Jigsaw dengan siswa yang diajar menggunakan model quantum Teaching tipe TANDUR.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

alahya

Publisher

Subject

Education Environmental Science Social Sciences Other

Description

Jurnal Al-Ahya is a journal that contains scientific articles of research results in the field of biological education. The focus and scopes of Jurnal Al-Ahya are as follows. 1. Design and learning models in biological education 2. Evaluation of biology education 3. Development and application of ...