Penelitian ini bertujuan 1) untuk mengetahui gambaran hasil belajar peserta didik yang diajar dengan menggunakan metode praktikum pada pembelajaran biologi kelas XII IPA SMAN 11 Sinjai, 2) untuk mengetahui gambaran hasil belajar peserta didik yang diajar dengan menggunakan metode diskusi pada pembelajaran biologi kelas XII IPA SMAN 11 Sinjai, 3) Untuk mengetahui pengaruh metode praktikum terhadap hasil belajar peserta didik kelas XII IPA SMAN 11 Sinjai. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperiment) dengan Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XII IPA SMAN 11 Sinjai yang berjumlah 55 peserta didik. Teknik pengambilan sampel adalah sampel jenuh sehingga sampel kelas eksperimen sebanyak 26 peserta didik dan kelas kontrol sebanyak 24 peserta didik yang diajar dengan menggunakan metode diskusi. Instrumen berupa tes hasil belajar peserta didik. Analisis data berupa statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan uji independent sample t-test. Hasil penelitian ini diperoleh nilai rata-rata posstest hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen adalah 83,96, sedangkan pada kelas kontrol nilai rata-ratanya adalah 71,75 dan nilai signifikansi 0,000 0,05 yang berarti terdapat pengaruh metode praktikum terhadap hasil belajar peserta didik di kelas XII IPA SMAN 11 Sinjai.
Copyrights © 2021