Hasil Karya Aisyiyah Untuk Indonesia
Vol. 2 No. 1 (2022): Oktober

Edukasi "SEMANTIF-sehat mandiri aktif" pada era pandemi di kelompok lansia Ngudi Waras

Handayani, Nia (Unknown)
Azizah, Aisyah Nur (Unknown)
Muhaji, Muhaji (Unknown)
Sari, Fepi Anita (Unknown)
Pebriliani, Enje Fitri (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Sep 2022

Abstract

Lansia merupakan salah satu kelompok usia berisiko yang kini jumlahnya semakin meningkat. Posyandu lansia merupakan salah satu upaya yang dilakukan desa untuk meningkatkan derajat kesehatan lansia dengan berbagai kegiatan rutin yang dilaksanakan baik dari masing-masing Rukun Warga (RW) maupun terpadu. Terlebih di saat pandemi covid-19 melanda, kasus positif di Kabupaten Klaten sempat mengalami peningkatan yang sangat drastis. Data saat ini total 36.449 orang terkonfirmasi dengan angka kesembuhan mencapai 33.385 orang. Zona merah di desa ini juga mengakibatkan terhambatnya kegiatan posyandu khususnya posyandu lansia dengan tujuan untuk mencegah terjadinya penularan. Tim pengabdi berinisiatif melakukan kegiatan SEMANTIF kepada kelompok lansia guna mendukung dari permasalahan kesehatan di kelompok lansia. Kegiatan PKM dilaksanakan melalui tahapan edukasi tentang sehat hidup aktif di masa pandemi menggunakan media leaflet; pemeriksaan kesehatan kepada lansia berupa pemeriksaan tekanan darah, pelaksanaan di Balai Desa Manjung Ngawen, Kabupaten Klaten. Sasaran kegiatan adalah lansia sejumlah 70 orang. Hasil kegiatan PKM menunjukkan bahwa pengetahuan lansia tentang pencegahan covid-19 baik. Hasil pemeriksaan tekanan darah menunjukkan bahwa sebagian besar dalam kategori tinggi.  

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

hayina

Publisher

Subject

Humanities Health Professions Languange, Linguistic, Communication & Media Nursing Public Health Social Sciences Other

Description

Focus and Scope of the articles published in the Hayina (Hasil Karya Aisyiyah untuk indonesia) Jurnal such as Participatory Action Research, Asset-Based Community Development, Community-Based Research, Service Learning, Community Development and Community ...