Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari penggunaan model Cooperatif Integrated Reading And Composition (CIRC) Terhadap Motivasi Belajar Dan Kemampuan Membaca Pemahaman Cerita Fiksi Kelas IV SD. Penelitan ini merupakan penelitian  PreEkperimental Design  dengan  One Group Pretest Postest  Design. Sampel dipilih menggunakan teknik  purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan rata – rata motivasi belajar siswa sebelum menggunakan Model Cooperatif Integrated Reading and Composition (CIRC) adalah 72,3 dan kemampuan membaca pemahaman sebelum menggunakan model Cooperatif Integrated Reading and Composition (CIRC) adalah 40,10. Untuk hasil rata – rata Motivasi Belajar setelah menggunakan Model Cooperatif Integrated Reading and Composition (CIRC) adalah 81,41 dan kemampuan membaca pemahaman setelah menggunakan Model CIRC adalah 74,17. Berdasarkan hasil analisis data statistik  dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh dari penggunaan Model Cooperatif Integrated Reading and Composition (CIRC) Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Cerita Fiksi siswa.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023