IJIGAEd: Indonesian Journal of Islamic Golden Age Education
Vol 3 No 2 (2023): Indonesian Journal of Islamic Golden Age Education: IJIGAEd

Penguatan Kompetensi Pedagogik Guru Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19 di TK Poncol

Ariq Nurjannah Irbah (Unknown)
Ahmad Bustomi (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Jun 2023

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memaparkan penguatan kompetensi pedagogik guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran pada masa pandemi Covid-19 di TK Tunas Muda Poncol. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif yang menggunakan deskriptif analisis dengan mendiskripsikan segala bentuk tindakan dan juga fenomenalogi. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data tersebut diperoleh dari guru dan orang tua peseta didik TK Tunas Muda Poncol. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa penguatan kompetensi pedagogik guru guna meningkatkan kualitas pembelajaran pada masa pandemi covid-19 di taman kanak-kanak (TK) tunas muda poncol diantaranya meningkatkan kualitas pembelajaran, meningkatkan kemampuan pemanfaatan teknologi, meningkatkan kemampuan berkomunikasi secara efektif, meningkatkan kemampuan menyusun rancangan pelaksanaan pembelajaran dan meningkatkan kemampuan mengevaluasi hasil pembelajaran. Kata Kunci: Kompetensi Pedagogik, Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19. Abstract This research aims to describe the strengthening of teacher pedagogy competency onto increased learning quality amid Covid-19 in TK Tunas Muda Poncol. This qualitative research utilizes descriptive analysis to describe every activity and phenomenology. Furthermore, the data collecting method utilizes observation, interviews, and documentation. The researcher took data from teachers and parents of children in TK Tunas Muda Poncol. The result of this research indicates that: the strengthening of teacher pedagogy competency in TK Tunas Muda Poncol amid Covid-19 consist of the increasing of learning quality, ability to utilize technology, ability to communicate effectively, ability to establish learning plan, and ability to evaluation. Kata Kunci: Pedagogy Competency, Learning amid Covid-19.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

IJIGAEd

Publisher

Subject

Education

Description

Focus dan Scope IJIGAEd: Indonesian Journal of Islamic Golden Age Education adalah penelitian, kajian dan analisis yang berkaitan dengan PAUD, namun tidak terbatas pada bidang-bidang berikut ini: Pengembangan nilai moral dan agama pendidikan anak usia dini, Perkembangan motorik fisik anak usia dini, ...