Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana
Vol. 1 No. 1 (2018)

PEMANFAATAN BUNDENGAN SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KONSEP BUNYI

Sundari Sundari (Prodi Pendidikan IPA Pascasarjana Universitas Negeri Semarang)
Woro Sumarni (Prodi Pendidikan Kimia Pascasarjana Universitas Negeri Semarang)



Article Info

Publish Date
01 Feb 2019

Abstract

Latar Belakang: Pembelajaran IPA di sekolah yang memperhatikan budaya/kearifan lokal di sekitar peserta didik akan memberikan konsekuensi peserta didik menerima konsep-konsep IPA yang dipelajari. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tanggapan peserta didik setelah proses pembelajaran menggunakan media Bundengan pada konsep bunyi. Metode: Desain penelitian menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah 256 peserta didik kelas IX SMP Negeri 2 Selomerto Kabupaten Wonosobo. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik probability sampling dengan teknik proportionale stratified random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan angket (kuesioner). Angket menggunakan skala Likert dengan 4 skala. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan nilai indeks dari perhitungan tanggapan peserta didik terhadap proses pembelajaran menggunakan media Bundengan pada konsep bunyi membuat peserta didik senang mengikuti pembelajaran sebesar 80,34% dan membuat peserta didik memahami konsep bunyi sebesar 85%. Simpulan: Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa peserta didik sangat setuju dengan pemanfaatan Bundengan sebagai media pembelajaran konsep bunyi membuat peserta didik senang dan memahami konsep bunyi.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

snpasca

Publisher

Subject

Education

Description

Seminar nasional Pascasarjana merupakan kegiatan rutin yang dilakasanakan oleh Pascasarjana UNNES. Tahun 2018 adalah kali ke 5 pelaksanan yang diselenggarakan oleh Kampus yang telah berubah alamat dari lokasi di Kampus Bendan Ngisor berpindah di Kampus Kelud Utara III Kecamatan Gajahmungkur kota ...