Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana
Vol. 2 No. 1 (2019)

Membangun Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa dengan Pembelajaran PjBL terintegrasi Pendekatan STEM

Farida Maria Ulfa (Unknown)
M Asikin (Unknown)
Nur Karomah Dwidayati (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jan 2020

Abstract

Penulisan makalah ini bertujuan mengkaji tentang bagaimana membangun kemampuan berpikir kreatif matematisdengan model PjBL terintegrasi Pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics). ModelPjBL terintegrasi pendekatan STEM adalah salah satu inovasi pembelajaran yang dapat melatih kemampuanberpikir kreatif matematis. Kemampuan berpikir kreatif matematis merupakan kemampuan menemukan solusiberagam secara mudah dan fleksibel terhadap masalah matematika yang terbuka, namun dapat diterimakebenarannya. Hal ini selaras dengan keuntungan menerapkan model PjBL terintegrasi pendekatan STEM yaitumelalui kegiatan kolaboratif melibatkan siswa untuk berpikir pada suatu permasalahan yang kompleks yangmengasah daya berpikir dan bernalar mereka, dapat meningkatkan minat belajar siswa, menciptakan pembelajaranyang bermakna, dan membantu siswa dalam memecahkan suatu masalah serta menunjang karir dimasa yang akandatang. PjBL berbasis STEM juga memberikan tantangan dan motivasi bagi para siswa, karena hal tersebut mampumelatih siswa berpikir kreatif matematis.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

snpasca

Publisher

Subject

Education

Description

Seminar nasional Pascasarjana merupakan kegiatan rutin yang dilakasanakan oleh Pascasarjana UNNES. Tahun 2018 adalah kali ke 5 pelaksanan yang diselenggarakan oleh Kampus yang telah berubah alamat dari lokasi di Kampus Bendan Ngisor berpindah di Kampus Kelud Utara III Kecamatan Gajahmungkur kota ...