Jurnal Darmawisata
Vol. 2 No. 2 (2023): JURNAL DARMAWISATA (MEI)

Pengalaman Pelanggan di Kopi Tiam Rusen 1955, Singkawang

Stephanie Rosanto (Unknown)
Kallista (Bunda Mulia University)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2023

Abstract

Kopi sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat. Salah satunya adalah arus tren kopi susu yang menjadi pemicu peningkatan konsumsi kopi dalam negeri. Salah satunya adalah Kopi Tiam Rusen yang sudah berdiri sejak tahun 1955. Kedai kopi ini menjadi salah satu ikon terkenal di Kota Singkawang, Kalimantan Barat. Letaknya yang berada di tengah kota dan pusat kota Singkawang membuat kedai kopi tiam ini otentik dan menjadi salah satu kedai kopi tiam wajib apabila berkunjung ke Singkawang. Kualitas kopi Indonesia yang sangat baik bisa menjadi lampu hijau untuk para penggiat bisnis kopi dalam lebih mengembangkan lagi bisnis mereka. Pengalaman pelanggan bisa dijadikan landasan dalam melakukan peningkatan kualitas baik dari segi produk maupun pelayanan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan penyebaran kuesioner kepada 210 sampel. Hasil dari penelitian ini adalah pengalaman pelanggan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan di Kopi Tiam Rusen 1955 yang perlu dipertahankan. Pengalaman pelanggan yang menerima pelayanan baik dan kualitas kopi serta otentik bangunan dari kedai kopi tertua di Singkawang ini mampu mendorong kepuasan pelanggan yang maksimal. Nilai pelanggan berpengaruh pada kepuasan pelanggan yang berarti bahwa nilai pelanggan pelayan di Kopi Tiam Rusen 1955 sangat baik saat memberikan pelayanan kepada pelanggan dengan cepat dan cekatan. Kualitas layanan berpengaruh pada kepuasan pelanggan sehingga kualitas layanan yang diberikan oleh pelayan di Kopi Tiam Rusen 1955 mampu untuk memberikan kepuasan bagi para pengunjung.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jdw

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Transportation Other

Description

Jurnal Darmawisata sebagai salah satu upaya dalam memberikan sumbangan dari dunia akademis kepada sektor pariwisata, mencakup aspek perencanaan, penataan, pengelolaan, pelayanan dan dampak yang ditimbulkannya yang dikaji berdasarkan teori-teori klasik, modern maupun postmodern, dalam kajian geografi ...