Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan mendapatkan informasi kendala prosesbelajar mengjar secara online terhadap adanya pandemi COVID-19. Penelitian ini menggunakanpendekatan metode studi kasus kualitatif yang digunakan untuk mendapatkan informasi kendala danakibat dari pandemi COVID19 terhadap kegiatan proses belajar mengajar disekolah dasar.Wawancara semi tersrtuktur dilakukan dan daftar pertanyaan disusun untuk wawancaradkembangkan berdasarkan literature terkait. Responden untuk penelitian ini adalah para guru danorang tua serta murid di sebuah sekolah dasar di Kab. Enrekang. Hasil penelitian ini yaitu terdapatbeberapa kendala yang dialami murid, guru dan orang ta dalam kegiatan belajar mengajar onlineyaitu penguasaan teknologi yang masih kurang, penambahan biaya kuota internet, adanya pekerjaantambahan bagi orang tua dalam mendampingi anak belajar, komunikasi dan sosialisasi antar siswa,guru dan orang tua menjadi berkurang dan jam kerja yang menjadi tidak terbatas bagi guru karenaharus berkomunikasi dan berkoodinasi dengan orang tua, guru lain, dan kepala sekolah.
Copyrights © 2020