Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana
Vol. 5 No. 1 (2022)

Implementasi Etnomatematika pada Kurikulum Merdeka Melalui Hibriditas Budaya di Kota Semarang

Harum Sunya Iswara (Universitas Negeri Semarang)
Farid Ahmadi (Universitas Negeri Semarang)
Deasylina Da Ary (Universitas Negeri Semarang)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2022

Abstract

Etnomatematika merupakan integrasi antara budaya dan matematika. Kota Semarang yang terkenal akan hibriditas etnis Tionghoa, Jawa, dan Arab menjadi media untuk menganalisis eksplorasi etnomatematika yang diintegrasikan pada kurikulum merdeka. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan studi pustaka sebagai teknik pengumpulan data berfokus pada produk hibriditas budaya Tionghoa, Jawa dan Arab. Eksplorasi etnomatematika yang ditemukan yakni: Warak Ngendhog, tari Denok Deblong, dan lumpia sebagai produk hibriditas budaya di Kota Semarang yang dapat diintegrasikan dalam kurikulum merdeka untuk menanamkan konsep matematika seperti: bilangan, aljabar, bangun ruang, bangun datar, pecahan, dan satuan. Secara tidak langsung penelitian ini dapat menggambarkan bentuk matematika kontekstual berbasis budaya yang ada di Kota Semarang.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

snpasca

Publisher

Subject

Education

Description

Seminar nasional Pascasarjana merupakan kegiatan rutin yang dilakasanakan oleh Pascasarjana UNNES. Tahun 2018 adalah kali ke 5 pelaksanan yang diselenggarakan oleh Kampus yang telah berubah alamat dari lokasi di Kampus Bendan Ngisor berpindah di Kampus Kelud Utara III Kecamatan Gajahmungkur kota ...