Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana
Vol. 5 No. 1 (2022)

Deskripsi Kualitatif Materi Pengajaran Berbasis TIK dalam Pembelajaran Virtual pada Mata Kuliah Menulis Bahasa Inggris

Yuniarti Yuniarti (Universitas Negeri Semarang)
Dwi Rukmini (Universitas Negeri Semarang)
Januarius Mujiyanto (Universitas Negeri Semarang)
Sri Wuli Fitriati (Universitas Negeri Semarang)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2022

Abstract

Penelitian ini mengkaji bahan ajar bahasa Inggris yang berfokus pada penulisan esai akademik di salah satu universitas swasta di Indonesia. Peneliti menggunakan deskripsi studi analisis isi yang berfokus pada rencana pembelajaran, bahan ajar, dan lembar kerja yang digunakan oleh dosen menulis bahasa Inggris. Materi berbasis TIK seperti gambar, link ke e-newspaper, video di YouTube, dan sejenisnya. Peneliti dapat mengakses dokumen langsung dari dosen dan mengunggahnya atau mempostingnya melalui platform WhatsApp dan LISA. Selain artefak, peneliti mengikuti proses belajar mengajar mereka di WhatsApp ketika dosen mengajar secara online dan ketika peserta didik dalam kelompok menyelesaikan tugas menulis kolaboratif. Untuk menganalisis materi, peneliti mengadopsi lima komponen bahan ajar berbasis teknologi, seperti aksesibilitas, keterlibatan aktif, keaslian, konten kontekstual, dan fleksibilitas, dilihat dari perspektif Rice & Ortiz (2021) dan Tomlinson (2013). Hasil penelitian menunjukkan hal-hal yang positif meskipun masih terdapat kelemahan yang harus diperhatikan dosen mengenai kejelasan instruksi LKS dan kreativitas memodifikasi bahan ajar.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

snpasca

Publisher

Subject

Education

Description

Seminar nasional Pascasarjana merupakan kegiatan rutin yang dilakasanakan oleh Pascasarjana UNNES. Tahun 2018 adalah kali ke 5 pelaksanan yang diselenggarakan oleh Kampus yang telah berubah alamat dari lokasi di Kampus Bendan Ngisor berpindah di Kampus Kelud Utara III Kecamatan Gajahmungkur kota ...