Global Journal Basic Education
Vol 2 No 2 (2023): Mei

Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual terhadap Hasil Belajar SBdP (Studi Siswa Kelas V SD Inpres 3/77 Data Kecamatan Mare Kabupaten Bone)

Azizah, Nurlaela (Unknown)
Muin, Awaluddin (Unknown)
Mujahidah, Mujahidah (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 May 2023

Abstract

Penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Pre- eksperimen. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran hasil belajar SBdP siswa dan mengetahui pengaruh media audio visual. Desain penelitian yang digunakan adalah One- Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V SD Inpres 3/77 Data Kecamatan Mare Kabupaten Bone dengan sampel sebanyak 21 siswa yang dipilih berdasarkan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes untuk mengetahui hasil belajar siswa sebelum dan setelah penggunaan media audio visual. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan inferensial. Berdasarkan hasil penelitian statistik deskriptif diketahui bahwa rata-rata nilai pretest sebelum menggunakan media audio visual adalah 47.14 sedangkan rata-rata nilai postest setelah menggunakan media audio visual adalah 82.38. Berdasarkan hasil statistik inferensial menunjukan sebesar -40.132 kemudian nilai dibandingkan dengan nilai dengan taraf 5%. Berdasarkan tabel distribusi t diperoleh nilai sebesar 1.72913, karena nilai lebih kecil dari pada maka ditolak dan diterima. Setelah melihat hasil dapat disimpulkan terdapat pengaruh signifikan dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa setelah pembelajaran menggunakan media audio visual terhadap hasil belajar SBdP siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

gjp

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Global Journal Basic Education with e ISSN 2828-6383 is a scientific journal that aims to communicate research results of professors, teachers, practitioners, and scientists in the field of basic education covering the fields of basic teaching in elementary, Applied science and analytical-critical ...