Margin : Jurnal Bisnis Islam dan Perbankan Syariah
Volume 2 Nomor 1 Februari 2023

Strategi Promosi Produk Rahn pada BMT di Era Pandemi Covid 19: (Studi di BMT Mita Sejahtera Mandiri Bumi Nabung)

Saputra, Angga (Unknown)
Rahmawati, Rita (Unknown)
Ismail, Habib (Unknown)
Rakhmat, Rakhmat (Unknown)
Santoso, Haris (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 May 2023

Abstract

Partisipasi dalam sistem gadai syariah, seperti akad rahn, merupakan salah satu kegiatan mu'amalah yang diperbolehkan. Gadai syariah atau rahn adalah barang milik nasabah yang tidak ternilai harganya yang dijadikan jaminan (marhun) atas hutang atau pinjamannya sehingga pihak yang menerima gadai (murtahin) dapat memperoleh jaminan atau kepercayaan untuk mengambil kembali seluruh atau sebagian piutang jika si penerima gadai tidak dapat membayar utangnya pada waktu yang telah ditentukan. Bauran promosi spesifik periklanan, promosi penjualan, hubungan masyarakat, penjualan personal, dan pemasaran langsung digunakan BMT untuk menjalankan akad rahn di masa pandemi dan masa pemulihan pandemi Covid-19. Karena kajian ini terutama berkait dengan tahun 2021 hingga 2022, maka ada beberapa rumusan masalah, antara lain: 1) Bagaimana strategi promosi produk Rahn ke BMT pada masa pandemi covid-19? 2) Pada tahap pemulihan setelah pandemi covid-19, bagaimana strategi promosi produk Rahn ke BMT? dengan tujuan untuk mendapatkan strategi produk Rahn untuk BMT selama masa pandemi dan pemulihan. Pemeriksaan ini merupakan penelitian lapangan. Eksplorasi ini menggunakan metodologi yang jelas dan subyektif. Ada tiga sumber data, yaitu primer, sekunder dan tersier. Teknik pengumpulan data khususnya observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan tiga metode, yaitu reduksi data, display data, dan kesimpulan. Sedangkan teknik yang digunakan untuk memutuskan keabsahan data dalam penelitian ini adalah Tringulasi. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, serta pemaparan dan pemeriksaan informasi, maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: 1) Teknik pengajuan rahn di BMT Mitra Sejahtera Mandiri di Masa Pandemi Covid-19 ini menggunakan dua bauran promosi, khususnya spesifik periklanan dan promosi penjualan. 2) Tata cara penjualan barang rahn di BMT Mitra Sejahtera Mandiri pada Masa Pemulihan di tengah Pandemi Covid-19 bertujuan agar semua bauran promosi, termasuk spesifik periklanan, promosi penjualan, hubungan masyarakat, penjualan personal, dan pemasaran langsung.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

margin

Publisher

Subject

Other

Description

Margin: Jurnal Bisnis Islam dan Perbankan Syariah adalah media publikasi ilmiah peer-review yang berfokus pada hasil penelitian di bidang Ilmu Bisnis , Perbankan Syariah, Ilmu Ekonomi , Ekonometrika dan Keuangan . Jurnal ini diterbitkan oleh Program Studi Perbankan Syariah STAI Ma`arif Kalirejo ...