cover
Contact Name
Nurwahyudi
Contact Email
lp2m@staimaarifkalirejo.ac.id
Phone
+6285658937781
Journal Mail Official
may_roni@staimaarifkalirejo.ac.id
Editorial Address
Jl. Jendral Sudirman No. 50 Kaliwungu, Kalirejo, Lampung Tengah, Lampung 34174
Location
Kab. lampung tengah,
Lampung
INDONESIA
Margin : Jurnal Bisnis Islam dan Perbankan Syariah
ISSN : -     EISSN : 28281802     DOI : 10.58561
Core Subject : Education,
Margin: Jurnal Bisnis Islam dan Perbankan Syariah adalah media publikasi ilmiah peer-review yang berfokus pada hasil penelitian di bidang Ilmu Bisnis , Perbankan Syariah, Ilmu Ekonomi , Ekonometrika dan Keuangan . Jurnal ini diterbitkan oleh Program Studi Perbankan Syariah STAI Ma`arif Kalirejo Lampung Tengah dengan EISSN : 2828-1802 dan terbit berkala dalam dua kali setiap tahun pada Februari dan Agustus.
Articles 32 Documents
Persepsi Masyarakat Terhadap Kualitas Pelayanan BMT Assyafiiyah Cabang Sendang Agung Kecamatan Sendang Agung Lili Safitri; Muhammad Afani Adam
Margin: Jurnal Bisnis Islam dan Perbankan Syariah Volume 1 Nomor 1 Februari 2022
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam Ma`arif Kalirejo Lampung Tengah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (472.703 KB) | DOI: 10.58561/margin.v1i1.17

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi masyarakat terhadap kualitas pelayanan BMT Assyafiiyah Cabang Sendang Agung. Kendala-kendala yang ada dalam pelayanan kepada masyarakat, dan solusi alternatif yang dilakukan dalam menghadapi kendala-kendala yang ada. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini menggunakan tekhnik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa persepsi masyarakat terhadap kualitas pelayanan BMT Assyafiiyah Cabang Sendang Agung, yaitu lima masyarakat merasa puas dan menilai kualitas pelayanan BMT Assyafiiyah Sendang Agung sudah cukup bagus dari aspek keramahan, kesopanan, kerapihan penampilan para karyawan, interaksi yang baik dengan nasabah dan memberikan kenyamanan bagi nasabah dan dua masyarakat merasa kurang puas atas pelayanan yang diberikan BMT Assyafiiyah dari segi kursi antrian yang sempit.
Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Di Kedai Kopi BE Kalirejo Laili Nur Indahsari; May Roni
Margin: Jurnal Bisnis Islam dan Perbankan Syariah Volume 1 Nomor 1 Februari 2022
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam Ma`arif Kalirejo Lampung Tengah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (338.541 KB) | DOI: 10.58561/margin.v1i1.18

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh kualitas pelayanan, harga, dan lokasi terhadap keputusan pembelian di kedai kopi BE Kalirejo. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu seluruh konsumen yang berada di kedai kopi BE Kalirejo. Teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling yaitu berdasarkan kebetulan yang berarti konsumen yang membeli produk kopi BE Kalirejo dengan jumlah sampel yang di peroleh sebanyak 40 responden. Teknis analisis data yang di gunakn dalam penelitian ini adalah dengan metode regresi linear berganda. Hasil pengujian menunjukan bahwa (1) variabel kualitas pelayanan, harga, dan lokasi secara simultan memiliki pengaruh yang signifikan dan positif terhadap keputusan pembelian di kedai kopi BE Kalirejo. (2) kualitas pelayanan tidak terdapat pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian di kedai kopi BE Kalirejo. (3) tidak terdapat pengaruh secara parsial antara harga dengan keputusan pembelian di kedai kopi BE Kalirejo. (4) terdapat pengaruh yang signifikan secara parsial dan positif terhadap keputusan pembelian oleh konsumen kopi BE Kalirejo. 
Potensi Wisata Syariah Puncak Mas Sebagai Salah Satu Objek Wisata Di Lampung Dalam Meningkatkan Pendapatan Masyarakat Khafid Ismail; Ari Fatihatul Hidayah; Elsa Puspasari
Margin: Jurnal Bisnis Islam dan Perbankan Syariah Volume 1 Nomor 1 Februari 2022
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam Ma`arif Kalirejo Lampung Tengah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (238.088 KB) | DOI: 10.58561/margin.v1i1.19

Abstract

Kebangkitan pariwisata di Indonesia menjadi alternatif perekonomian kreatif di suatu daerah. Perkembangan pariwisata di Indonesia dapat dilihat dari kondisi ekonomi syariah yang ada saat ini, salah satunya berasal dari sektor pariwisata. Sebesar 88,1 % penduduk Indonesia dari 261 juta penduduk bergama muslim, maka dari itu Indonesia memiliki potensi yang besar untuk mengembangkan wisata syariah. Pengenalan industri pariwisata syariah dianggap sebagai cara baru untuk mengembangkan faktor kepariwisataan di Indonesia dengan cara tetap memperhatikan aspek-aspek budaya dan nilai-nilai agama. Penelitian ini menemukan bahwa wisata Puncak Mas memiliki potensi sebagai wisata syariah unggulan di Lampung, akan tetapi masih terdapat beberapa kelemahan seperti belum tersedianya tranportasi umum yang memadai untuk menuju tempat wisata, serta belum terjalin kerjasama antara pemerintah dan pengelola secara optimal. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa analisis SWOT dapat memperbaiki potensi wisata Puncak Mas, sehingga pada penelitian ini peneliti akan menyusun strategi berdasarkan analisis SWOT. Dengan demikian yang menjadi ruang lingkup kajian ini adalah: mengungkapkan potensi budaya, termasuk juga potensi alam, religi, melihat sarana dan prasarana yang mendukung kegiatan pariwisata; sikap dan perilaku masyarakat setempat dalam menyikapi masalah kepariwisataan. Kata kunci : Potensi, Daya Tarik, Objek Wisata, Syariah, Puncak Mas, Pendapatan Masyarakat
Perbandingan Brand Equity Antara Produk Lama dengan Produk Pendatang Baru Jufri Yandes
Margin: Jurnal Bisnis Islam dan Perbankan Syariah Volume 1 Nomor 1 Februari 2022
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam Ma`arif Kalirejo Lampung Tengah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (479.512 KB) | DOI: 10.58561/margin.v1i1.20

Abstract

Sebuah brand dituntut memiliki ekuitas yang tinggi. Kemajuan teknologi memudahkan produk lebih mudah ditiru. Konsumen menghadapi terlalu banyak pilihan namun sayangnya informasi tentang kualitas produk dipasaran sangat minimum sekali. Brand yang kuat akan menjanjikan konsumen mendapatkan nilai lebih tinggi dan tentunya ini akan menjadi bahan perbandingan bagi konsumen dalam memilih brand tertentu. Permasalahan dalam penelitian ini adalah adakah perbedaan antara brand yang sudah ada dengan brand yang merupakan pendatang baru. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan terdapat perbedaan kesadaran merek, asosiasi merek, persepsi kualitas merek, loyalitas merek, dan ekuitas merek produk pada produk yang telah lama hadir ditengah masyarakat dibandingkan dengan produk pendatang baru.
Analisis Faktor-Faktor Penyebab Pembiayaan Murabahah Bermasalah Pada Usaha Mikro Kecil Dan Menengah: (Studi Kasus di Bank Central Asia KC Yogyakarta) Annisa Rahmawati Putri; Ragil Satria Wicaksana; Dhidhin Noer Ady Rahmanto
Margin: Jurnal Bisnis Islam dan Perbankan Syariah Volume 1 Nomor 1 Februari 2022
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam Ma`arif Kalirejo Lampung Tengah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (395.22 KB) | DOI: 10.58561/margin.v1i1.21

Abstract

Murabahah  adalah akad jual beli barang dengan harga jual sebesar biaya perolehan ditambah keuntungan yang disepakati dan penjual harus mengungkapkan biaya perolehan barang tersebut kepada pembeli.Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui faktor-faktor penyebab pembiayan murabahah bermasalah baik faktor internal maupun eksternal di Bank Central Asia Syariah KC Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subyek penelitian ini adalah Bank Central Asia KC Yogyakarta. Obyek penelitian ini adalah faktor-faktor internal dan eksternal pemiayaan murabahah bermasalah pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Data yang diperoleh merupakan hasil wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor internal terjadi karena kurangnya monitoring dan adanya fraud dari pihak internal Bank. Faktor eksternal dapat berasal dari  nasabah pembiayaan murabahah itu sendiri karena kurang cakap dalam pengelolalan usaha. Faktor lainnya dapat terjadi karena kebijakan pemerintah maupun bencana alam.
Pentingnya Tugas Dan Kualifikasi Dewan Pengawas Syari’ah (DPS) Dalam Mengawasi Kegiatan Keuangan Khufyah Robe'nur
Margin: Jurnal Bisnis Islam dan Perbankan Syariah Volume 1 Nomor 1 Februari 2022
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam Ma`arif Kalirejo Lampung Tengah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (414.126 KB) | DOI: 10.58561/margin.v1i1.22

Abstract

The results of the study indicate that the importance of the task of the sharia supervisory board in supervising financial activities in non-bank Islamic financial institutions is found in the Baitul Tanwim Muhammadiyah institution, this is reinforced by a mandatory and mandatory Islamic supervisory board that exists in every BMT/BTM institution. determined by the National Supervisory Board. Not everyone can become a sharia supervisory board, but there are qualifications that are put forward by someone to be able to become a sharia supervisory board, one of which is to have a DPS certificate which not many people have that certificate. The suitability of the supervisory board determines the progress that an institution will face.
Faktor Yang Mempengaruhi Return On Asset (ROA) Perbankan Syariah Di Indonesia Ahmad Habibi; Aan Fahrudin; Annisa Marhamah
Margin: Jurnal Bisnis Islam dan Perbankan Syariah Volume 1 Nomor 1 Februari 2022
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam Ma`arif Kalirejo Lampung Tengah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (375.03 KB) | DOI: 10.58561/margin.v1i1.23

Abstract

Tujuan penelitian ini ialah apa saja faktor yang mempengaruhi kinerja perusahaan perbankan syariah di Indonesia. Rasio keuangan merupakan kegiatan membandingkan angka-angka yang dalam laporan keuangan dengan cara membagi satu angka dengan angka lainya. Perbandingan dapat dilakukan antara satu komponen dengan komponen dalam satu laporan antar komponen yang ada antara laporan keuangan. ROA adalah kemampuan dari modal yang diinvestasikan kedalam seluruh aktiva perbankan untuk menghasilkan keuntungan. ROA menggunakan laba sebagai salah satu cara untuk menilau efektivitas dalam penggunaan aktiva perusahaan dalam menghasilkan laba. Semakin tinggi laba yang dihasilkan , maka semakin tinggi ROA, dengan seperti ini maka perusahaan semakin efektif dalam penggunaan aktifa sebagai cara menghasilkan keuntungan. Pada dasarnya, dalam penelitian ini mencoba untuk meneliti dan menganalisa apakah ada pengaruh Capital Asset Ratio (CAR), Financing to Deposit Ratio (FDR) dan Biaya Operasional terhadap Pendapatan Operasioanal (BOPO) terhadap Return On Asset (ROA).  ROA kemampuan bank dalam mendapatkan laba secara total. Apabila semakin tinggi ROA yang diperoleh maka semakin besar pula tingkat keuntungan yang didapat pada bank tersebut sehingga  semakin bagus pula posisi bank tersebut dalam penggunaan asset yang tersedia.
Peran Ekonomi Dan Keuangan Islam Pasca Pandemi Covid-19 Di Indonesia Fuadi, Fatih
Margin: Jurnal Bisnis Islam dan Perbankan Syariah Volume 1 Nomor 2 Agustus 2022
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam Ma`arif Kalirejo Lampung Tengah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (562.036 KB) | DOI: 10.58561/margin.v1i2.40

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah Untuk Mengetahui Peran Ekonomi dan Keuangan Islam Pasca Panedemi Covid 19. Bencana yang ditimbulkan virus Covid-19 ini terhadap perekonomian bukan hanya menimbulkan guncangan penurunan (besar) pada fundamental ekonomi riil, namun juga merusak kelancaran mekanisme pasar dan membentuk semacam ‘tembok penghalang’ antara permintaan dan penawaran. Secara umum lembaga keuangan berperan sebagai lembaga intermediasi keuangan yang melakukan proses penyerapan dana dari unit surplus ekonomi, baik sektor usaha, lembaga pemerintah maupun individu (rumah tangga) untuk penyediaan dana bagi unit ekonomi lain. Sebagai negara dengan populasi muslim terbesar di dunia, umat Islam dapat memberikan peran terbaiknya melalui berbagai bentuk atau model philanthropy dalam Ekonomi dan Keuangan Syariah, khususnya dalam masa pandemi Covid-19. Peran ini diharapkan dapat mengatasi guncangan ekonomi yang terjadi dan seluruh masyarakat, khususnya umat muslim, dapat ikut serta berkontribusi dalam memulihkan guncangan tersebut. Di antara solusi yang dapat ditawarkan dalam kerangka konsep dan sistem Ekonomi dan Keuangan Sosial Islam adalah: (1) dengan penyaluran bantuan langsung tunai yang berasal dari zakat, infak dan sedekah; (2) dengan penguatan wakaf baik berupa wakaf uang, wakaf produktif, waqf linked sukuk maupun wakaf untuk infrastruktur; (3) melalui bantuan modal usaha unggulan untuk sector.
Determinan Penyerapan Tenaga Kerja Di Indonesia Periode 2016-2020 Hasanah, Uswatun
Margin: Jurnal Bisnis Islam dan Perbankan Syariah Volume 1 Nomor 2 Agustus 2022
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam Ma`arif Kalirejo Lampung Tengah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (508.763 KB) | DOI: 10.58561/margin.v1i2.41

Abstract

Indonesia has natural resources and a high population, which motivates the Indonesian people to improve their life in a sustainable manner. However, if there is an increase in population, it is not balanced with the absorption of labor. Then there will be problems that will occur in that area. Meanwhile, the general condition of employment in Indonesia for the 2016-2020 period experienced very volatile growth and this can basically be influenced, namely through external and internal. This study seeks to find out the truth whether the influence of GRDP, inflation, minimum wages, investment and education on labor absorption by quantitative research and using secondary data. The data collection technique uses literature studies and documentation located at the Central Statistics Agency (BPS) for each province in Indonesia. Then the data that has been collected will be tested and analyzed using panel data regression techniques. The conclusion from the results of this study is that the GRDP variable has a positive and insignificant effect on employment in Indonesia for the 2016-2020 period. Then the inflation and education variables have a negative and insignificant effect on labor absorption in Indonesia for the 2016-2020 period. In contrast to the minimum wage and investment variables, the results of the analysis in this study are positive and significant for each variable on labor absorption in Indonesia for the 2016-2020 period.
Upaya Pemberdayaan Kewirausahaan Santri Di Pondok Pesantren Darussalamah Desa Braja Dewa Kecamatan Way Jepara Kabupaten Lampung Timur Robe'nur, Khufyah
Margin: Jurnal Bisnis Islam dan Perbankan Syariah Volume 1 Nomor 2 Agustus 2022
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam Ma`arif Kalirejo Lampung Tengah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (335.64 KB) | DOI: 10.58561/margin.v1i2.42

Abstract

Pemberdayaan kewirausahaan santri adalah salah satu proses mamampukaan dan memandirikan daya dan kekuatan yang ada guna membangun serta menentukan tindakan berdasarkan keinginan mereka secara mandiri  dengan mengubah pola pikir agar menjadi berani dalam memenuhi kebutuhan serta memecahkan permasalahan hidup dengan kekuatan yang ada pada diri mereka. Salah satu pondok pesantren yang berperan dalam hal ini adalah pondok pesantren Darussalamah yang berada di desa Braja Dewa Way Jepara Lampung Timur. Pondok pesantren tersebut berupaya mengajarkan santrinya untuk berwirausaha, beberapa ketrampilan yang diajarkan dalam pondok pesantren tersebut diantaranya adalah dalam bidang permebelan, perniagaan (perdagangan), kaligrafi, menjahit dan toko kitab. Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui upaya-upaya pondok pesantren dalam memberdayakan kewirausahaan di pondok pesantren Darussalamah, desa Brajadewa, Kec. Way Jepara, Kab. Lampung Timur. Lampung. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (Field research), adapun sifat penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan cara berfikir induktif , dengan menggunakan sumber data primer dan sekunder. Tujuannya agar dapat mendeskripsikan upaya pemberdayaan kewirausahaan santri di pondok pesantren. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi.Wawancara dilakukan kepada pengasuh pondok pesantren, pengurus pondok pesantren dan pada santri yang mengikuti kegiatan kewirausahaan di pondok pesantren Darussalamah. Observasi dilakukan untuk mengamati kegiatan kewirausahaan secara langsung, dan dokumentasi digunakan sebagai pelengkap guna memperoleh data sebagai bahan informasi yang berupa  data-data terkait dengan kegiatan kewirausahaan di pondok pesantren Darussalamah. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa  upaya pemberdayaan kewirausahaan di pondok pesantren Darussalamah dalam menumbuhkan jiwa kewirausahaan santri diaplikasikan dengan beberapa kegiatan. Pondok pesantren Darusslamah memberikan beberapa kegiatan kewirausahaan kepada para santrinya  dengan memberikan pelatihan kegiatan keterampilan, kegiatan itu berupa kegiatan kerajinan kaligrafi, mebel,  menjahit, dan perniagaan. Dimana pihak pengasuh pondok pesantren memberikan pelatihan kepada para santri yang mengikuti kegiatan kewirausahaan secara langsung dengan mempraktikkan kegiatan kewirausahaan tersebut, baik berupa pengawasan, evaluasi kegiatan, modal dan pegajaran dalam tiap-tiap kegiatan kewirausahaan.

Page 1 of 4 | Total Record : 32