Jurnal Khasanah Pendidikan
Vol. 1 No. 3 (2023): JKP: Jurnal Khasanah Pendidikan, Mei 2023

Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Picture And Picture Terhadap Keterampilan Membuat Kalimat Siswa Kelas II SDN 9 Katobu Kabupaten Muna

Helmi Febrianti (Unknown)
Bahrun Amin (Unknown)
Yuddin Passiri (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 May 2023

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kualitas siswa dalam menulis, selain itu dalam proses pembelajaran siswa sering merasa jenuh dan kurang mendapatkan variasi dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran picture and picture terhadap keterampilan membuat kalimat siswa kelas II SDN 9 Katobu Kabupaten Muna tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen berbentuk eksperimental design menggunakan one group pretest posttest yang hanya memiliki satu kelompok subjek yang dilaksanakan tanpa adanya kelompok pembanding dan diberikan perlakuan menggunakan model pembelajaran picture and picture . Variabel dalam penelitian iniĀ  terdiri dari variabel bebas yaitu model pembelajaran picture and picture dan variabel terikat yaitu keterampilan membuat kalimat siswa kelas II SDN 9 Katobu Kabupaten Muna berjumlah 68 siswa. Dan sampel yaitu kelas II C yang berjumlah 19 siswa. Teknik analisis data menggunaka uji-t untuk menguji pengaruh penggunaan model pembelajaran picture and picture terhadap keterampilan membuat kalimat siswa. Hasil penelitian dengan analisis statik inferensial dengan menggunakan uji-t diketahui bahwa keterampilan membuat kalimat yang signifikan, hal ini terlibat dimana t hitung lebih besar dari t tabel, sehingga dapat disimpulkan bahwa setelah penerapan model pembelajaran picture and picture meningkat dilihat dari hasil posttest dibandingkan dengan sebelum diterapkan model pembelajaran picture and picture karena dengan penerapan model pembelajaran picture and picture siswa lebih cepat dapat menangkap materi ajar karena guru menunjukkan gambar-gambar mengenai materi yang dipelajari sehingga menciptakan kreativitas siswa dalam membuat kalimat.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jkp

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

JKP: Jurnal Khasanah Pendidikan (E-ISSN 2985-7317) adalah jurnal ilmiah peer-review berkualitas tinggi dengan akses terbuka yang diterbitkan tiga kali setahun (Januari, Mei, September) oleh Penerbit Asian Publisher. JKP: Jurnal Khasanah Pendidikan berfokus pada artikel hasil penelitian, pemikiran, ...