Masalah utama dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah pengaruh media interaktif animasi terhadap minat belajar pada aspek membaca pemahaman siswa kelas V SD Inpres Bontomanai Kecamatan Tamalate Kota Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media interaktif animasi terhadap minat belajar pada aspek membaca pemahaman siswa kelas V SD Inpres Bontomanai Kecamatan Tamalate Kota Makassar. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimental dengan desain Nonequivalent control group design. Sampel dan populasi adalah siswa kelas V SD Inpres Bontomanai Kecamatan Tamalate Kota Makassar yang berjumlah 46 siswa antara lain kelas eksperimen yaitu 21 siswa dan kelas kontrol yaitu 25 siswa. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah pretest, posttest, serta angket minat belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dan teknik analisis inferensial. Berdasarkan hasil penelitian ini adalah hasil rata-rata posttest kelas eksperimen yaitu 81 sedangkan hasil posttest kelas kontrol yaitu 63.40. berdasarkan hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji Independent sampel T-test dapat dikatakan berpengaruh apabila nilai sig (2. Tailed) lebih kecil dari 0,05. Setelah dilakukan uji Independent sampel T-test telah diperoleh hasil penelitian dengan nilai 0,000 yang artinya 0,000 < 0,05. Berdasarkan penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh media interaktif animasi terhadap minat belajar pada aspek membaca pemahaman siswa kelas V SD Inpres Bontomanai Kecamatan Tamalate Kota Makassar.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023