Jurnal Khasanah Pendidikan
Vol. 2 No. 1 (2023): JKP: Jurnal Khasanah Pendidikan, September 2023

Dampak Media Sosial (TikTok) Terhadap Karakter Sopan Santun Siswa Kelas VI SD Negeri Bontorannu II Kecamatan Mariso Kota Makassar

Muthmainnah Biduri (Unknown)
Muhammad akhir (Unknown)
Rahmatiah (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Jun 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penggunaan media sosial (tiktok) pada siswa kelas VI SD Negeri Bontorannu II, untuk mendeskripsikan dampak media sosial (tiktok) terhadap karakter sopan santun siswa kelas VI SD Negeri Bontorannu II dan untuk mendeskripsikan upaya-upaya yang dilakukan guru dan orang tua dalam menanamkan karakter sopan santun kepada siswa. Jenis penelitian ini adalah  kualitatif. Data dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder, penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Bontorannu II dengan sumber data utama dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI pengguna tiktok, guru, dan orang tua siswa dengan jumlah informan 23 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, studi dokumentas. Teknik analisis data yang digunakan reduksi data, penyajian data, penyimpulan dan verifikasi, dan kesimpulan akhir. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, siswa yang menggunakan aplikasi tiktok sejak lama dengan tujuan hanya untuk mengisi waktu luang, bahkan buat hiburan bagi mereka apabila bosan setelah belajar. Dampak bermain tiktok terhadap sopan santun siswa yaitu siswa menjadi lebih acuh terhadap sekitar jika sudah asyik membuka aplikasi tiktok. Selain itu perilaku siswa yang bergoyang tiktok tidak mengenal lingkungan, perilaku kurang sopan kepada guru, orang tua dan teman sebaya. Untuk membangun karakter sopan santun, guru dan orang tua sudah berupaya untuk menanamkan karakter baik pada siswa. Upaya yang mereka lakukan di antaranya memberikan nasihat, contoh teladan, pembiasaan dan juga pemberian punishment jika anak berperilaku buruk dan reward jika anak berperilaku baik.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jkp

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

JKP: Jurnal Khasanah Pendidikan (E-ISSN 2985-7317) adalah jurnal ilmiah peer-review berkualitas tinggi dengan akses terbuka yang diterbitkan tiga kali setahun (Januari, Mei, September) oleh Penerbit Asian Publisher. JKP: Jurnal Khasanah Pendidikan berfokus pada artikel hasil penelitian, pemikiran, ...