Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh signifikan penggunaan model RADEC terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi pada mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas V SD Negeri 32 Barabba Kabupaten Bulukumba. Penelitian ini adalah penelitian pre-eksperimental dalam bentuk penelitian One Group Pretest-Posttest. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 32 Barabba Kabupaten Bulukumba yang terdiri dari satu kelas yaitu sebanyak 18 siswa.Instrumen penelitian yang digunakan yaitu tes menulis teks eksplanasi. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis menggunakan analisis data statistik deskriptif dan analisis data statistik inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil Pretest, nilai rata-rata belajar siswa adalah 51,38 dengan kategori, sangat tinggi 0%, tinggi 33%, sedang, 22,22%, rendah 22,22%, dan sangat rendah 22,22%. nilai rata-rata hasil posttest setelah menggunakan model RADEC adalah 85 dengan kategori sangat tinggi 61,11%, tinggi 38,88%, sedang 0%, rendah 0% dan sangat rendah 0%. Angka tersebut menunjukkan bahwa ada pengaruh signifikan penggunaan model RADEC (Read, Answer, Disscus, Explain, and Cretae) terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi. Berdasarkan uraian diatas maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran RADEC (Read, Answer, Disscus, Explain, and Ceate) efektif digunakan dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi pada siswa kelas V SD Negeri 32 Barabba Bulukumba.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023