Jurnal Khasanah Pendidikan
Vol. 2 No. 1 (2023): JKP: Jurnal Khasanah Pendidikan, September 2023

Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Radec (Read, Answer, Discuss, Explain, And Create) Terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Pada Siswa Kelas V SD Negeri 32 Barabba Kabupaten Bulukumba

Miftahul Sa’adah (Unknown)
Aliem Bahri (Unknown)
Sri Rahayu (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Jun 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh signifikan penggunaan model RADEC terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi pada mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas V SD Negeri 32 Barabba Kabupaten Bulukumba. Penelitian ini adalah penelitian pre-eksperimental dalam bentuk penelitian One Group Pretest-Posttest. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 32 Barabba Kabupaten Bulukumba yang terdiri dari satu kelas yaitu sebanyak 18 siswa.Instrumen penelitian yang digunakan yaitu tes menulis teks eksplanasi. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis menggunakan analisis data statistik deskriptif dan analisis data statistik inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil Pretest, nilai rata-rata belajar siswa adalah 51,38 dengan kategori, sangat tinggi 0%, tinggi 33%, sedang, 22,22%, rendah 22,22%, dan sangat rendah 22,22%. nilai rata-rata hasil posttest setelah menggunakan model RADEC adalah 85 dengan kategori sangat tinggi 61,11%, tinggi 38,88%, sedang 0%, rendah 0% dan sangat rendah 0%. Angka tersebut menunjukkan bahwa ada pengaruh signifikan penggunaan model RADEC (Read, Answer, Disscus, Explain, and Cretae) terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi. Berdasarkan uraian diatas maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran RADEC (Read, Answer, Disscus, Explain, and Ceate) efektif digunakan dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi pada siswa kelas V SD Negeri 32 Barabba Bulukumba.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jkp

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

JKP: Jurnal Khasanah Pendidikan (E-ISSN 2985-7317) adalah jurnal ilmiah peer-review berkualitas tinggi dengan akses terbuka yang diterbitkan tiga kali setahun (Januari, Mei, September) oleh Penerbit Asian Publisher. JKP: Jurnal Khasanah Pendidikan berfokus pada artikel hasil penelitian, pemikiran, ...