Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian eksperimen quasi yang bertujuan untuk (1) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran POE (Prediction Observasion Explanation) terhadap hasil belajar IPA  pada  murid kelas V SD INPRES SENGKA. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD INPRES SENGKA dan sampel terdiri dari dua kelas yakni kelas eksperimen (VA) yang diajarkan menggunakan model pembelajaran POE (Prediction Observasion Explanation) dan kelas kontrol (VB) yang tidak menggunakan model pembelajaran POE (Prediction Observasion Explanation) Pengambilan sampel yang digunakan peneliti adalah purposive sampling. Data yang dikumpulkan berasal dari hasil belajar siswa pre-test dan post-test yang di mana data diolah dengan dua cara yaitu dengan analisis deskriptif dan analisis inferensial, hasil penelitian menunjukkan bahwa:  penggunaan model pembelajaran POE (Prediction Observasion Explanation) berpengaruh. Dilihat dari rata rata skor post-test 84,967 . dimana di dapatkan nilai signifikan 0.001 yaitu nilai hasil uji hipotesis kurang dari 0,05 maka berpengaruh model pembelajaran POE (Prediction Observasion Explanation) terhadap hasil belajar biologi siswa kelas V SD INPRES SENGKA pada pokok bahasan perubahan wujud bendal.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023