Jurnal Khasanah Pendidikan
Vol. 1 No. 3 (2023): JKP: Jurnal Khasanah Pendidikan, Mei 2023

Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Poe (Prediction Observation Explanation) Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Murid Kelas V SD Inpres Sengka

Riska (Unknown)
Nasrah (Unknown)
Nurul Magfirah (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 May 2023

Abstract

Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian eksperimen quasi yang bertujuan untuk (1) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran POE (Prediction Observasion Explanation) terhadap hasil belajar IPA  pada  murid kelas V SD INPRES SENGKA. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD INPRES SENGKA dan sampel terdiri dari dua kelas yakni kelas eksperimen (VA) yang diajarkan menggunakan model pembelajaran POE (Prediction Observasion Explanation) dan kelas kontrol (VB) yang tidak menggunakan model pembelajaran POE (Prediction Observasion Explanation) Pengambilan sampel yang digunakan peneliti adalah purposive sampling. Data yang dikumpulkan berasal dari hasil belajar siswa pre-test dan post-test yang di mana data diolah dengan dua cara yaitu dengan analisis deskriptif dan analisis inferensial, hasil penelitian menunjukkan bahwa:  penggunaan model pembelajaran POE (Prediction Observasion Explanation) berpengaruh. Dilihat dari rata rata skor post-test 84,967 . dimana di dapatkan nilai signifikan 0.001 yaitu nilai hasil uji hipotesis kurang dari 0,05 maka berpengaruh model pembelajaran POE (Prediction Observasion Explanation) terhadap hasil belajar biologi siswa kelas V SD INPRES SENGKA pada pokok bahasan perubahan wujud bendal.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jkp

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

JKP: Jurnal Khasanah Pendidikan (E-ISSN 2985-7317) adalah jurnal ilmiah peer-review berkualitas tinggi dengan akses terbuka yang diterbitkan tiga kali setahun (Januari, Mei, September) oleh Penerbit Asian Publisher. JKP: Jurnal Khasanah Pendidikan berfokus pada artikel hasil penelitian, pemikiran, ...