Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol 8 No 2 (2022): Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

Analisis Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menciptakan Lingkungan Belajar di SD Negeri 2 Sari Bakti Kec. Seputih Banyak

Ahmad Bustomi (Institut Agama Islam Negeri Metro)
Shindia Ramadan (Institut Agama Islam Negeri Metro)
M. Ali (Institut Agama Islam Negeri Metro)
Amrullah Amrullah (Institut Agama Islam Negeri Curup)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2022

Abstract

Abstrak Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menjelaskan upaya guru pendidikan agama Islam dalam menciptakan lingkungan belajar di SD Negeri 2 Sari Bakti Kec. Seputih Banyak. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif lapangan. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sumber data sekunder dengan beberapa objek diantaranya kepala sekolah, guru pendidikan agama Islam, dan siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya yang dilakukan oleh guru pendidikan agama Islam dalam menciptakan lingkungan belajar di SD Negeri 2 Sari Bakti Kec. Seputih Banyak adalah merencanakan kegiatan pembelajaran dengan baik dan sungguh-sungguh yang tertulis maupun tidak tertulis, menata lingkungan fisik, dan menata lingkungan nonfisik. Kata kunci: Upaya Guru Pendidikan Agama Islam, Lingkungan Belajar, Perencanaan Pembelajaran, Sarana dan Prasarana

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

elementary

Publisher

Subject

Education

Description

ournal published by the department of Madrasah Ibtidaiyah (Elementary School) Teacher Education, Faculty of Tarbiya and Teachers Training, State Islamic Institute Metro, Lampung. This is a biannually published journal. It is dedicated for experts, lecturers, teachers, practitioners and researchers ...