UNESA Journal of Chemical Education
Vol. 12 No. 2 (2023)

IMPLEMENTASI LKPD BERBASIS POTENSI LOKAL PADA MATERI ASAM-BASA MELALUI LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN SAINTIFIK

Leba, Maria Aloisia Uron (Unknown)
Hayon, Vinsensia Helena Bao (Unknown)
Tukan, Maria Benedikta (Unknown)
Bria, Hendriana Rosina (Unknown)
Bubu, Maria Imakulata (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 May 2023

Abstract

Implementasi LKPD berbasis potensi lokal pada materi asam basa dilakukan pada peserta didik kelas X SMA Kristen Maktihan Besikama-Kabupaten Malaka. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji hasil belajar peserta didik pada aspek pengetahuan (KI3) dan aspek keterampilan (KI4). Data hasil belajar aspek KI3 diperoleh melalui tes sedangkan data hasil belajar aspek KI4 diperoleh melalui observasi keterampilan kinerja pada saat perserta didik melakukan eksperimen. Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh rata-rata hasil belajar aspek KI3, KI4 dan hasil belajar keseluruhan berturut-turut adalah 91,34, 86,71 dan 89,80. Hasil belajar ini telah melampaui kriteria ketuntasan minimal (KKM) matapelajaran kimia yang ditetapkan oleh sekolah dalam kurikulum K-13.  Data ini menunjukan bahwa semua peserta didik telah tuntas belajarnya.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

journal-of-chemical-education

Publisher

Subject

Chemistry Computer Science & IT Education Other

Description

UNESA Journal of Chemical Education is Online Journal for communicating and reviews covering all chemical education research which published articles in three times a year by Chemistry Department, Chemical Education Study Program, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, State University of ...