Equilibrium: Jurnal Pendidikan
Vol 11, No 2 (2023): EQUILIBRIUM : JURNAL PENDIDIKAN

Menapaki Jejak Karakteristik Sosial Kultural Basis Sasaran Transmigrasi

Ashari Ismail (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
24 May 2023

Abstract

AbstrakPenelitian  ini  berupaya mengurai   jejak karakteristik sosiokultural  komunitas transmigran, saat awal program transmigrasi dicanangkan pada  salah satu daerah transmigrasi. Riset ini  adalah bagian urgen,  untuk memahami “relevansi” antara kebijakan pemerintah yang bersifat top down, dengan kesiapan komunitas transmigran dalam menerima dan melakukan pesan-pesan pembangunan transmigrasi. Penelitian mengambil setting riset pada komunitas Baras Sembilan, Mamuju Sulawesi Barat. Problem pokok riset ini,  tentang jejak  karakteristik sosial  kultural, lingkungan sosial (termasuk lingkungan fisik) komunitas Baras Sembilan, sebagai lokasi sasaran transmigran, dalam melihat terwujudnya transmigran yang berdayaguna dan sesuai dengan misi pembangunan.  Riset  ini menggunakan  penelitian kualitatif  deskriptif, ditunjang  dengan pendekatan historis.   Hasil riset    menunjukan bahwa karakteristik sosial kultural (termasuk fisik) komunitas Baras Sembilan, adalah pemukiman yang yang disetting dengan kondisi yang  terpencil, yang berjarak sekitar 19 Km, dari Bambaloka, dan jarak dari Mamuju sekitar lebih 270 km. Pemukiman Baras  Sembilan adalah lokasi trasmigran yang datar, bukan daerah ketinggian, yang amat cocok dengan perkebunan sawit. Canangan transmigran secara top down  dengan multi etnik  dan multi agama. Respon komunitas transmigran dengan canangan pembangunan secara top down adalah melakoni kehidupan para transmigran dengan bersinergi  dengan melakukan aktivitas yang berdayaguna, dan penuh kerukunan dalam pergaulan sesama para transmigran dan masyarakat lokal.Sinkronisasi antara pembangunan secara topdown dan botton up, cukup nampak,  dan sesuai dengan misi pembangunan transmigran, walaupun yang masih ada problematik kemasyarakatan yang perlu dibeinahi, demi terciptanya “masyarakat transmigran” yang berdaya guna.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

equilibrium

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science Social Sciences Other

Description

Equilibrium: Jurnal Pendidikan dengan ISSN Cetak: 2339-2401 dan ISSN Online: 2477-0221 merupakan jurnal peer-review untuk publikasi artikel ilmiah di bidang pendidikan dan sosiologi, merupakan jurnal akses terbuka yang bertujuan untuk menyediakan forum untuk para peneliti, dosen, guru, praktisi, dan ...