Jurnal Visi Ilmu Pendidikan
Vol 15, No 2 (2023): Juli 2023

IMPLEMENTASI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DALAM PENGELOLAAN SAMPAH MELALUI APLIKASI EDU ENVIRONMENT DI KELURAHAN KEBUN BUNGA KECAMATAN SUKARAMI PALEMBANG

Helmi, Henny (Unknown)
Hufad, Achmad (Unknown)
Komar, Oong (Unknown)
Sudiapermana, Elih (Unknown)
Sukmana, Cucu (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Jul 2023

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat berupa pelatihan perbaikan mutu bibit dan pupuk organik swakelola bertujuan memberikan solusi atas permasalahan dalam mengelola sampah. Solusi yang ditawarkan berupa menerapkan teknologi informasi sebagai perangkat publikasi, sosialisasi yang dilakukan secara masif kepada masyarakat dengan aplikasi edu-environment akan memberikan kemudahan informasi bagi warga untuk selalu mengelola sampah dengan baik. Perancangan teknologi informasi ini diharapkan dapat membantu permasalahan yang terdapat di masyarakat dan mengelola sampah serta menerapkan metode teknologi informasi agar memudahkan masyarakat dalam mengelola sampah tersebut. Kegiatan PKM ini dilakukan pada bulan Oktober 2022 di Kelurahan Kebun Bunga Kec. Sukarami Kota Palembang. Metode yang digunakan berupa penyuluhan dan pelatihan dan menggunakan metode mix Method. Adapun tahapan pelaksanaan kegiatan pengabdian, yaitu penyuluhan aplikasi, pelatihan. Berdasarkan hasil pelaksanaan kegiatan PKM berupa pelatihan pengelolaan sampah melalui aplikasi Edu-Environment di Kelurahan kebun Bunga Kec. Sukarami Kota Palembang, disimpulkan bahwa untuk pengelolaan sampah dengan melalui aplikasi Edu-Environment ini dapat membawa peningkatan pada masyarakat dan tentunya memberikan pemanfaatan dalam mengelola sampah dan membuat sebuah aplikasi yang bisa digunakan dan di terapkan di masyarakat

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jvip

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Visi Ilmu Pendidikan published manuscripts on research in education, particularly related to teaching and learning, theory and practice in education, education policy, curriculum and materials development, education on culture and characters of nation, teacher education, and other relevant ...