Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik kelas VII MTsN 1 Pesisir Selatan. Pentingnya pemahaman konsep harus didukung pula dengan kemampuan peserta didik dalam menerima pembelajaran. Kemampuan ini diperlukan ketekunan belajar mandiri atau kemandirian belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep peserta didik yang ditinjau dari self regulated learning. Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode deskriptif yang menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling (sampel bertujuan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa self regulated learningpeserta didik pada tingkat kemandirian belajar tinggi sudah mampu memahami indikator kemampuan pemahaman konsep dengan baik. Pada tingkat kemandirian sedang, dapat dikatakan bahwa kemampuan pemahaman konsep peserta didik ini sudah cukup baik. Sedangkan pada tingkat kemandirian belajar yang rendah, dalam kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik masih kurang. Dari penelitian ini diketahui bahwa peserta didik pada kemandirian belajar yang tinggi maka kemampuan pemahaman konsep matematisnya akan baik. sedangkan peserta didik yang berkemandirian belajar rendah, kemampuan pemahaman konsepnya pada kategori kurang baik.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023