SAINTIFIK@ : Jurnal Pendidikan MIPA
Vol 8, No 1 (2023): SAINTIFIK@: Jurnal Pendidikan MIPA EDISI MARET 2023

LEARNING OBSTACLE SISWA SMA NEGERI 1 KOTA TERNATE DALAM MEMAHAMI KONSEP TURUNAN FUNGSI DITINJAU DARI STRUKTUR MATERI

Aco Aldi La Misi (Universitas Khairun)
Soleman Saidi (Universitas Khairun)
Marwia Tamrin Bakar (Universitas Khairun)



Article Info

Publish Date
06 Jun 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan learning obstacle siswa SMA Negeri 1 Kota Ternate dalam memahami konsep turunan fungsi ditinjau dari struktur materi dan dipilih 5 orang siswa terdiri dari 1 siswa laki-laki dan 4 siswa perempuan kelas XII IPA 2 sebagai subjek penelitian yang ditentukan berdasarkan hasil tes. Subjek pada penelitian ini merupakan perwakilan siswa yang mengalami learning obstacle. Data dikumpulkan menggunakan metode tes dan wawancara. Tes digunakan untuk menganalisis pemahaman konsep turunan fungsi siswa, dan wawancara digunaan untuk menelusuri penyebab learning obstacle siswa. Metode analisis data yang digunakan adalah kualitatif. Hasil penelitian pada siswa SMA Negeri 1 Kota Ternate kelas XII IPA 2 berjumlah 32 siswa disimpulkan bahwa terdapat masing-masing 3 siswa (9,375%) kaberhasilannya sangat tinggi, 6 siswa (18,75%) tinggi, 12 siswa (37,5%) sedang, 7 siswa (21,875%) rendah, dan 4 siswa (12,5%) sangat rendah. Hasil kerja dan wawancara terhadap siswa yang mewakili setiap kategori disimpulkan bahwa siswa mewakili tingkat keberhasilan sangat tinggi memiliki didactical obstacle, siswa mewakili tingkat keberhasilan tinggi memiliki ontegenic obstacle dan dedaktical obstacle, siswa mewakili tingkat keberhasilan sedang memiliki didactical obstacle dan epistemological obstacle, siswa mewakili tingkat keberhasilan rendah memiliki ontogenic obstacle, didactical obstacle, dan epistemological obstacles, dan siswa mewakili tingkat keberhasilan sangat rendah juga memiliki tiga hambatan sekaligus. Hasil wawancara menunjukan beberapa syarat materi wajib peserta didik sebelum mempelajari materi turunan fungsi. Pecahan, bentuk aljabar, akar dan pangkat, turunan fungsi biasa, turunan fungsi trigonometri dan turunan fungsi komposisi. Para subjek penelitian tersebut tidak menyebutkan materi limit, walau demikian, limit tidak terlepas dari turunan fungsi karena definisi turunan fungsi melalui limit.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Saintifik

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

JURNAL ini memuat tentang topik-topik bidang ilmu MIPA dan pembelajarannya, bagi dosen yang akan diterbitkan sesuai kajian akademik. RUANG LINGKUP JURNAL INI ADALAH AKAN MENERBITKAN TOPIK SEBAGAi BERIKUT: 1. Bidan Matematika dan Pembelajarannya 2. Bidang Fisika dan Pembelajarannya 3. Bidang Biologi ...