Suatu negara akan mencapai pertumbuhan ekonomi apabila memiliki spesialisasi dan mampu bersaing di pasar. Dalam persaingan, setiap pelaku usaha perlu menciptakan strategi yang baik dalam mencapai tujuan yang diinginkan salah satunya berupa menciptakan diferensiasi. Hal tersebut dilakukan untuk menghadapi pesatnya perkembangan bisnis di Indonesia yang dapat dilihat dari semakin beragamnya permintaan pasar yang memicu timbulnya usaha baru untuk memenuhi seluruh kebutuhan dan keinginan masyarakat. Maka dari itu, tidak sedikit pendirian perusahaan korporasi yang memiliki anak-anak perusahaan di dalamnya sehingga bisnis yang sudah ada ataupun bisnis baru harus menyusun strategi untuk bersaing di pasar yang terbagi menjadi 2 tingkatan berbeda di antaranya business level strategy dan corporate level strategy. Kedua tingkat strategi tersebut akan digunakan sebagai bahan analisa terhadap PT Astra International Tbk yang bergerak di berbagai sektor diantaranya otomotif, alat berat, jasa keuangan, dan lainnya. Metodologi yang diterapkan pada penelitian ini yaitu menggunakan metodologi kualitatif khususnya deskripsi kualitatif. Berdasarkan penelitian ini, ditemukan bahwa penerapan business level strategy dan corporate level strategy pada PT Astra International Tbk tergolong efektif dan efisien yang didukung dengan penerapan visi misi yang terarah dan sesuai, strategi yang unggul dan tepat sasaran, serta diversifikasi yang terstruktur. Dimana ketiga aspek tersebut secara langsung maupun tidak langsung mampu menciptakan keunggulan kompetitif. Kata Kunci: PT Astra International Tbk; Business Level Strategy; Corporate Level Strategy; Keunggulan Kompetitif
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023