Abstrak. Pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA)  saat ini lagi tren, baik di Indonesia maupun di mancanegara. Pembelajaran BIPA ini dimaksudkan guna memperkenalkan bahasa Indonesia kepada para penutur asing  untuk berbagai kepentingan, baik pengajaran maupun komunikasi praktis. Berbagai lembaga telah didirikan untuk mengorganisasi pelaksanaan pembelajaran BIPA, namun sampai saat ini belum ada kurikulum yang standar yang dapat dijadikan acuan pembelajarannya. Unit Pelaksana Teknis Bahasa Universitas Negeri Makassar, sebagai salah satu lembaga penyelenggara pembelajaran BIPA memiliki kurikulum sendiri yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan para pengajar dan pembelajar BIPA di unit tersebut. Salah satu program yang dijalankan oleh unit tersebut adalah program BIPA Surival, yakni program pembelajaran BIPA jangka pendek yang ditujukan kepada para penutur asing yang datang berkunjung ke Makassar untuk tujuan non akademik, semisal turis yang datang melancong. Namun karena program ini relatif baru diluncurkan, ketersediaan materi ajar untuk program ini boleh dikatakan belum sesuai dengan karakteristik pembelajar yang hanya membutuhkan belajar bahasa Indonesia untuk kepentingan survival. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan materi ajar  yang sesuai dengan kebutuham yang dimaksud di atas. Penelitian ini dalah penelitian tipe Research and Development (R&D) dan menerapkan model ADDIE. Hasil penelitian menunjukkan bahwa materi ajar yang sangat dibutuhkan oleh para pembelajar BIPA program Survival adalah materi-materi yang berkenaan dengan perkenalan diri, kuliner khas Sulawesi Selatan/Makassar, moda transportasi, akomodasi, kehidupan bertetangga, belanja ke pasar tradisional, dan adat-istiadat. Materi-materi ini didesain untuk dibelajarkan dalam bentuk one-to-one tutorial.Kata Kunci:Pembelajaran BIPA, Program Survival, Materi Ajar
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021