Abstrak. Penelitian ini bertujuan sebagai bentuk pengembangan desain pembelajaran berbasis profil pelajar Pancasila bagi Sekolah Menengah Atas(SMA) di Kota Makassar.  jenis penelitian ini merupakan jenis yang dilakukan dengan Research and Development yang juga biasa disebut penelitian pengembangan.  metode pengumpulan data yang diterapkan dengan melakukan pengamatan atau observasi wawancara dan juga melakukan dokumentasi  yang dilaksanakan di Madrasah AliyahNegeri 1 Makassar dengan menggunakan responden tenaga pendidik mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dan juga siswa-siswi kelas X.  dari penelitian ini dihasilkan dengan cara menggunakan tahapan research and develpoment penyederhanaan  dimulai dengan tahap menganalisis pembelajaran yang dibutuhkan dan yang akan dikembangkan kemudian mengidentifikasi desain pembelajaran yang dikembangkan di mana tahap pengembangan ini meliputi 1) perencanaan, 2) pengembangan, 3) uji coba tahap awal4) revisi produk desain pembelajaran yang dikembangkan dan yang terakhir adalah tahap  uji coba tahap akhir.  dari hasil uji coba desain pembelajaran yang dilakukan dengan cara mengimplementasikan Silabus dan juga rencana pelaksanaan program yang dibuat dan ditemukan hasil penilaian terhadap desain pembelajaran berbasis profil pelajar Pancasila yang dikembangkan sangat efektif untuk diimplementasikan pada proses pembelajaran di sekolah Madrasah AliyahNegeri 1 Makassar. Kata Kunci: Desain Pembelajaran, Profil Pelajar Pancasila, Sekolah Menengah Atas (SMA)
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022