Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab permasalahan tentang; pengembangan perangkat pembelajaran naskah lakon berbasis bleanded learning pada program studi Pendidikan Seni Drama, Musik dan Tari FSD UNM dan validitas dari perangkat pembelajaran naskah lakon berbasis bleanded learning pada program studi Pendidikan Seni Drama, Musik dan Tari FSD UNM. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (Research and Developmen), produk yang dihasilkan dari penelitian ini berupa Rencana Program Semester (RPS), Rencana Tugas Mahasiswa (RTM) dan Lembar Kerja Mahasiswa (LKM). Model pengembangan yang dapat dijadikan acuan untuk pengembangan perangkat pembelajaran ini adalah 4-D. 4 tahap yaitu pendefenisian (Define), Perancangan (Design), Pengembangan (Develop), dan Penyebaran (Disseminate). Kata Kunci: Perangkat Pembelajaran, Bleanded Learning, Naskah Lakon
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021