Pembuatan multimedia interaktif untuk materi merakit personal computer (PC) telah dilakukan dan diterapkan dalam pembelajaran di program studi Teknologi Pendidikan Universitas Baturaja. Pengembangan produk dilakukan berdasarkan model Alessi & Trollip yang terdiri dari tiga fase yaitu planning, design, dan development. Karakterisasi produk dilakukan dengan pengukuran validitas, praktikalitas dan efektivitas. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa kelas A.2.1 semester II angkatan 2015 yang mengikuti mata kuliah Periferal dan Troubleshoot. Validitas produk diukur pada tahap uji alfa yang melibatkan ahli media, ahli desain pembelajaran dan ahli materi dengan skor rata-rata 4,14 yang termasuk dalam kategori valid. Praktikalitas produk diukur pada tahap uji beta kepada tiga orang mahasiswa yang memperoleh skor rata-rata 3,61 dengan kategori praktis. Mahasiswa dengan kemampuan tinggi memperoleh skor 4,28 kategori sangat praktis, sedang mahasiswa dengan kemampuan sedang memperoleh skor 3,48 kategori praktis, dan mahasiswa dengan kemampuan rendah memperoleh skor 3,08 dengan kategori cukup praktis. Pengukuran efektifitas produk dilakukan pada tahap uji coba di kelas sebenarnya. Produk ini mampu meningkatkan hasil belajar yang ditunjukkan dengan N-gain sebesar 0,39 dengan kategori sedang. Pada mahasiswa dengan kemampuan tinggi dan sedang memperoleh N-Gain sebesar 0,53 dan 0,32 kategori sedang, sedangkan mahasiswa dengan kemampuan rendah memperoleh N-gain sebesar 0,24 kategori rendah. Berdasarkan hasil penelitian, multimedia interaktif merakit PC telah teruji validitas, praktikalitas, efektivitas terhadap hasil belajar. Penelitian ini masih terbatas pada satu materi yaitu merakit PC sehingga perlu dikembangkan pada materi lain dan perlu diujicobakan lebih luas.
Copyrights © 2018