Jurnal Lentera Pedagogi
Vol 1 No 2 (2018): Jurnal Lentera Pedagogi

Penerapan Model Pembelajaran Explicit Instruction untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik di SMKN 1 OKU

Pinta Frida (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jan 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan penggunaan model pembelajaran explicit instruction dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X Administrasi Perkantoran 1 pada mata pelajaran korespondensi di SMKN 1 OKU. Peneltian ini adalah jenis Penelitian Tindakan Kelas Kelas atau PTK ini dilakukan dengan 2 siklus. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi (pengamatan selama proses pembelajaran), dan pemberian tes tertulis. Hasil tes menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar melalui penggunaan model pembelajaran explicit instruction, yaitu terjadi peningkatan rata-rata hasil belajar dari pra siklus ke siklus I sebesar 0,67. Dari siklus I ke siklus II terjadi peningkatan rata-rata hasil belajar sebesar 0,28. Sehingga diperoleh kesimpulan model pembelajaran explisit instruction dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

lentera

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Lentera Pedagogi diterbitkan 2 (dua) kali setahun pada bulan Juli dan Januari oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Baturaja. Jurnal Lentera Pedagogi merupakan jurnal yang memuat artikel hasil pemikiran dan hasil penelitian dan/ atau kajian analitis-kritis di bidang ...