Jurnal Lentera Pedagogi
Vol 5 No 2 (2022): Jurnal Lentera Pedagogi

PENGARUH METODE QUANTUM TEACHING TERHADAP KECERDASAN KINESTETIK ANAK TK KELOMPOK B1 (USIA 5-6 TAHUN) DI TK IT TUNAS CENDIKIA BATURAJA

Taty Fauzi (Program Studi Bimbingan Konseling, Universitas PGRI Palembang)
Septi Puspita Sari (Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas PGRI Palembang)
Padilah Padilah (Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas PGRI Palembang)



Article Info

Publish Date
30 Jan 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode quantum teaching terhadap kecerdasan kinestetik anak kelompok B TK IT Tunas Cendikia Baturaja. Jenis penelitian kuantitatif, dengan desain pendekatan eksperimen one-group pretest-posttest. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, pengamatan dan dokumentasi. Pengamatan dilakukan selama 8 kali dengan 3 tahap pertama pemberian pretest, treatment dan posttest. Subjek penelitian anak TK B1 berjumlah 20 orang. Pengamatan dilakukan selama 8 kali dengan 3 tahap, pemberian pretest, pemberian treatment dan posttest. Data diolah berdasarkan statistik parametrik. Hasil penelitian membuktikan bahwa metode quantum teaching berpengaruh secara signifikan terhadap kecerdasan kinestetik anak usia 5- 6 tahun kelompok TK B1 di TK IT Tunas Cendikia Baturaja dengan hasil perhitungan thitung (3,43) > ttabel (1,72). Hipotesis alternatif diterima dan menolak Ho.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

lentera

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Lentera Pedagogi diterbitkan 2 (dua) kali setahun pada bulan Juli dan Januari oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Baturaja. Jurnal Lentera Pedagogi merupakan jurnal yang memuat artikel hasil pemikiran dan hasil penelitian dan/ atau kajian analitis-kritis di bidang ...