Tujuan dalam penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan memahami unsur intrinsik cerpen siswa kelas X SMA Muhammadiyah Baturaja dan untuk mendeskripsikan kesulitan-kesulitan siswa kelas X SMA Muhammadiyah Baturaja dalam memahami unsur intrinsik cerpen. Populasinya adalah seluruh siswa kelas X SMA Muhammadiyah Baturaja yang berjumlah tiga kelas dengan 73 orang siswa, sampelnya 23 siswa. Metode penelitian ini adalah metode deskriptif. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah Pendekatan strukturalisme. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan angket. Selanjutnya, data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis karya dengan cara melakukan penyelidikan terhadap unsur-unsur intrinsik cerpen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 14 siswa (60,86%) dikategorikan tuntas dan sebanyak 9 orang (39,13%) dikategorikan tidak tuntas. Nilai rata-rata yang diperoleh siswa adalah 75,34. Selanjutnya, hasil angket menunjukkan bahwa ada beberapa kesulitan siswa dalam memahami unsur intrinsik cerpen yaitu: kesulitan dalam menentukan tema dalam cerpen, kesulitan dalam mengidentifikasi penokohan dalam cerpen, kesulitan dalam menemukan amanat dalam cerpen, dan kesulitan dalam menemukan amanat dalam cerpen. Secara umum, berdasarkan analisis tes angket, siswa tertarik dalam pembelajaran memahami unsur intrinsik cerpen. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa siswa kelas X SMA Muhammadiyah Baturaja mampu memahami unsur intrinsik cerpen.
Copyrights © 2022