Aulada : Jurnal Pendidikan dan Perkembangan Anak
Vol 1 No 1 (2018): Inovasi Pendidikan Anak Usia Dini

Pengaruh Media Sosial pada Perkembangan Kecerdasan Kognitif Anak Usia Dini

Salis Khoiriyati (Unknown)
Saripah Saripah (Institut Pesantren KH. Abdul Chalim)



Article Info

Publish Date
15 Dec 2018

Abstract

Anak usia dini memiliki potensi perkembangan kognitif yang sangat pesat pada 4 tahun pertama kehidupannya. Perubahan teknologi yang sangat pesat memudahkan segalanya, terutama pada penyediaan sarana untuk mengoptimalisasi perkembangan kognitif anak usia dini yang berupa YouTube. Jurnal ini dibuat untuk mengetahui dan memahami bahwa media sosial yang berupa YouTube dapat mengoptimalkan perkembangan kognitif pada anak usia dini. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Pengumpulan data ini dihasilkan dari pengamatan pada lingkungan sekitar dan pengalaman yang terjadi pada keluarga dalam penggunaan YouTube. Hasil ini menunjukkan bahwa Pemberian stimulasi berupa YouTube pada anak usia dini dapat meningkatkan perhatian dan konsentrasi, rasa ingin tahu, daya ingat, imajinasi, kreativitas, dan bahasa pada anak usia dini. Untuk itu, media sosial yang berupa YouTube dapat dinyatakan sebagai bentuk stimulus dalam mengoptimalisasikan perkembangan kognitif pada anak usia dini.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

aulada

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences Other

Description

AULADA adalah jurnal yang bertujuan untuk mempublikasikan artikel hasil diskusi, pemikiran dan penelitian dalam bidang pendidikan dan perkembangan anak khususnya usia dini. Jurnal AULADA diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah Institut Pesantren KH. Abdul ...