Aulada : Jurnal Pendidikan dan Perkembangan Anak
Vol 2 No 1 (2020): Pengasuhan AUD dan Bimbingan

PEMBELAJARAN SENI BUDAYA MENGGUNAKAN PENDEKATAN TEMATIK INTEGRATF UNTUK MEMPERSIAPKAN CALON GURU MI STAI TARUNA SURABAYA

Lisa Alistiana (STAI Taruna Surabaya)



Article Info

Publish Date
22 Jan 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pelaksanaan pembelajaran seni budaya menggunakan pendekatan tematik integratif. Pembelajaran pendekatan tematik integratif dilaksanakan menggunakan prinsip pembelajaran terpadu yaitu dengan memadukan konsep tema ke dalam materi pada mata kuliah seni budaya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan paradigma kualitatif. Penelitian dilaksanakan di STAI Taruna Surabaya dengan subjek penelitian adalah Mahasiswa PGMI. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi kemudian dilakukan analisis data dengan melakukan tahapan reduksi, penyajian, dan verfikasi data, serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan pembelajaran seni budaya di STAI Taruna Surabaya dilaksanakan dengan menggunakan dua cara, yaitu 1) mengintegrasikan konsep tema ke dalam materi pembelajaran seni budaya, 2) mengintegrasikan konsep tema ke dalam materi pembelajaran seni budaya yang telah diintegrasikan dengan mata kuliah lain.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

aulada

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences Other

Description

AULADA adalah jurnal yang bertujuan untuk mempublikasikan artikel hasil diskusi, pemikiran dan penelitian dalam bidang pendidikan dan perkembangan anak khususnya usia dini. Jurnal AULADA diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah Institut Pesantren KH. Abdul ...