Kelancaran dan kenyamanan penyelenggaraan Pendidikan Tinggi tidak terlepas dari peran serta Dosen. Dosen sebagai sumber daya manusia dalam memajukan dunia pendidikan perlu memiliki perilaku yang positif dan menjadi contoh bagi lingkungan sekitar dan bagi mahasiswa, seperti adanya kemampuan Organizational Citizenship Behaviour (OCB). Studi ini bertujuan mengekplorasi pengaruh gaya kepemimpinan, pemberdayaan dan kepuasan kerja terhadap Organizational Citizenship Behaviour (OCB) Dosen secara parsial dan simultan. Objek dalam penelitian ini adalah Dosen pada Yayasan Pendidikan Ibnu Sina Batam. Sampel berjumlah 123 responden dengan pendekan rumus slovin dan teknik simple random sampling. Penganalisi data yang dibahas dalam studi ini adalah regresi linear berganda, uji determinansi, uji t parsial dan uji simultan. Hasil temuan dalam studi ini diperoleh t-parsial gaya kepemimpinan terhadap OCB sebesar 4,133, t-parsial pemberdayaan terhadap OCB sebesar 5,744, t-parsial kepuasan kerja terhadap OCB sebesar 3,888 dan skor simultan (F) terhadap OCB sebesar 89,087. Implikasi studi ini menyarankan untuk memperhatikan gaya kepemimpinan, pemberdayaan dan kepuasan kerja agar dapat meningkatkan Organizational Citizenship Behaviour (OCB) Dosen pada Yayasan Pendidikan Ibnu Sina Batam. Kata Kunci: Gaya Kepemimpinan, Pemberdayaan, Kepuasan Kerja, Organizational Citizenship Behaviour (OCB)
Copyrights © 2023