Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran matematika berbasis android yang layak digunakan sebagai media pembelajaran yang dapat meningkatkan kemandirian dan hasil belajar matematika siswa kelas VI pada konsep geometri bangun ruang. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian R & D dengan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap, yakni Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Media yang dikembangkan diujicobakan kepada 31 siswa kelas VI SDN Kedaleman IV Kota Cilegon. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian lembar validasi kepada ahli media, ahli materi, dan guru. untuk memberikan penilaian terhadap kelayakan produk serta penyebaran angket respon siswa untuk memberi masukan produk yang telah dikembangkan. Pretest dan posttest diadakan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dan pengisian angket oleh siswa dilakukan untuk mengetahui peningkatan kemandirian belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kelayakan produk media pembelajaran hasil pengembangan dinyatakan layak berdasarkan penilaian: (1) Ahli media nilai presentase 88,40 % dengan kriteria “Sangat Baik” (2) Ahli materi prsentase 85,00% dengan kriteria “Sangat Baik” (3) Teman sejawat (Guru) presentase 92,00% dengan kriteria “Sangat Baik” (4) Hasil respon nilai presentase 86,60% dengan kriteria “Sangat Baik” (5) Hasil kemandirian siswa rata-rata 41,32, nilai prosentase 86,09% dengan kriteria “Sangat Baik” (6) Hasil belajar siswa nilai presentase 84,19% dengan kriteria “Sangat Baik”. Hasil penilaian membuktikan bahwa pengembangan media pembelajaran matematika berbasis android dinilai layak digunakan sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan kemandirian dan hasil belajar siswa.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023