JEC (Jurnal Edukasi Cendekia)
Vol. 6 No. 1 (2022): Februari

POTENSI TUMBUHAN LOKAL SEBAGAI SUMBER BELAJAR BIOLOGI

Andarias, S. Hafidhawati (Unknown)
D, Yanti (Unknown)
Ardyati, Dyah Pramesthi Isyana (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Apr 2022

Abstract

Sumber daya hayati yang melimpah di Indonesia sangat potensial untuk dimanfaatkan, salah satunya sebagai sumber belajar biologi. Pemanfaatan sumber daya di lingkungan sekitar sebagai sumber belajar dapat membantu siswa menghilangkan kejenuhan dan memberikan suasana belajar yang bervariasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji potensi tumbuhan yang ada di sekitar pemukiman penduduk di Desa Lasalimu Selatan untuk dimanfaatkan sebagai sumber belajar biologi. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yang terdiri dari 2 tahap. Tahap I terdiri dari survei awal dan inventarisasi tumbuhan melalui wawancara, eksplorasi, dan pengamatan; dan tahap II adalah analisis potensi pemanfaatan tumbuhan lokal sebagai sumber belajar biologi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa enam jenis tumbuhan lokal berpotensi untuk digunakan sebagai sumber belajar baik pada jenjang SMP maupun SMA pada materi klasifikasi dan pemanfaatan makhluk hidup, berbagai sistem dalam kehidupan tumbuhan, dan keanekaragaman hayati.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JEC

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal JEC (Jurnal Edukasi Cendekia) diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Buton tahun 2017. Jurnal ini bertujuan untuk menerbitkan dan menyebarluaskan hasil penelitian dan studi tentang pendidikan. Artikel yang dimuat dalam jurnal adalah hasil penelitian ...