Dalam kaitannya dengan ruang, peta merupakan representasi ruang di permukaan bumi baik dua maupun tiga dimensi yang memuat simbol-simbol geografis lainnya. Peta disajikan dalam bentuk peta konvensional hingga peta digital yang tampil di layar komputer. Dengan menggunakan teknologi SIG memungkinkan untuk mengelola data kemudian diolah menjadi sebuah peta digital yang mampu menyimpan lebih banyak informasi geografis sehingga analisis ruang dilakukan dengan lebih kompleks. Pengenalan sistem informasi geografis dalam pembelajaran masih pada tahap teori dan siswa tidak mengenal langsung jenis aplikasi yang digunakan dalam sistem informasi geografis. Tujuan dari tulisan ini adalah memberikan gambaran pentingnya pengenalan aplikasi/software SIG bagi siswa untuk membantu dalam membangun cara berpikir keruangan (spatial thinking). Metode yang digunakan adalah dengan mengkaji atau melakukan interpretasi bahan tertulis berdasarkan konteksnya. Bahan tersebut bisa berupa catatan yang terpublikasikan, buku teks, artikel, dan sejenisnya sehingga menghasilkan gagasan mengenai pentingnya pengenalan aplikasi sistem informasi geografis dalam mengkonstruksi cara berpikir keruangan siswa.
Copyrights © 2022